Kami mendapat temuan kesulitan warga korban gempa di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari karena sejak gempa terjadi sumber air seperti sumur bor dan sumur resapan menghilang
Cianjur, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bantul, Daeah Istimewa Yogyakarta (DIY) membangun pipanisasi sepanjang 8.000 meter untuk kebutuhan air bersih warga korban gempa di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang, menggunakan dana yang terkumpul dari donatur.

Sekretaris PMI Bantul, Budianta di Cianjur, Ahad, mengatakan setelah melakukan koordinasi dengan PMI Cianjur serta relawan dari PMI Bantul yang diperbantukan selama penanganan gempa Cianjur, pihaknya melakukan survei terkait kebutuhan warga korban gempa.

"Kami mendapat temuan kesulitan warga korban gempa di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari karena sejak gempa terjadi sumber air seperti sumur bor dan sumur resapan menghilang," katanya.

Untuk meringankan kesulitan warga, katanya, pihaknya dipandu relawan PMI, aparat desa dan warga sekitar mencari sumber mata air yang dapat memasok kebutuhan 700 kepala keluarga dengan jumlah jiwa lebih dari 2.000 orang di bagian utara desa.

Sumber mata air sejauh 8.000 meter dari perkampungan warga itu, katanya, akan segera dibangun menggunakan donasi yang terkumpul dari donatur di wilayah Bantul agar warga sekitar tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih.

"Untuk pelaksanaan pembangunan sudah kita sepakati antara PMI, aparat desa dan warga, dilakukan bersama tenaga ahli dibantu warga sekitar dan diawasi relawan dari PMI. Harapan kami pipanisasi ke depan tetap terjaga dengan baik dan menjadi bidang usaha milik Desa Talaga," katanya.

Tidak hanya pipanisasi, PMI juga membantu pembangunan kembali sekolah PAUD yang rusak berat akibat gempa sehingga dana yang sama akan disalurkan untuk pembangunan ruang kelas baru bagi sekolah anak usia dini di Desa Talaga, demikian Budianta.

Baca juga: 5 juta liter air sudah disalurkan PMI bagi warga korban gempa Cianjur

Baca juga: PMI bangun instalasi pengolahan air bersih siap minum untuk penyintas

Baca juga: PMI fokuskan pendistribusian ke wilayah yang kehilangan sumber air

Baca juga: Srikandi PMI dikerahkan bantu penyaluran air bersih ke pengungsian

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023