Jakarta (ANTARA) - World Clean-up Day Indonesia (WCD Indonesia) mengumpulkan 1,35 ton sampah dalam aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung yang melibatkan 127 peserta, termasuk kalangan pencipta konten ternama.

Dikutip dari rilis pers yang diterima pada Senin, mayoritas dari 1,35 ton sampah yang dikumpulkan merupakan sampah berjenis plastik sekali pakai dan tekstil bekas pakai.

Aksi bersih Sungai Ciliwung turut digaungkan oleh Jerhemy Owen, pembuat konten dari Mantappu Corp. yang juga peduli terhadap isu lingkungan. Aksi ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, tentang persoalan sampah yang tidak hanya terbatas pada perilaku buruk membuang sampah sembarangan. Diperlukan peran aktif berbagai pihak untuk memastikan sampah tidak mencemari lingkungan.

“Masalah sampah di Indonesia sudah sampai pada taraf yang mengkhawatirkan. Setiap hari, warga Jakarta menghasilkan hampir 7.500 ton sampah." kata CEO dan pendiri Waste4Change dan Greeneration Foundation Mohamad Bijaksana Junerosano.

Ia menambahkan, apabila sampah tidak dikelola dengan baik, TPA (tempat pembuangan akhir) akan penuh sampah dan berpotensi membahayakan ekosistem lingkungan.

"Belum termasuk ekosistem yang terancam atas pencemaran sampah di lingkungan. Yang terpenting adalah aksi 'clean up' seperti ini jangan dijadikan kebiasaan saja. Namun, jadi salah satu motivasi untuk mengurangi sampah," kata dia.

Baca juga: Anggota DPRD berharap PUPR segera laksanakan normalisasi sungai di DKI
Baca juga: Pemprov DKI pastikan proyek saringan sampah di Kali Ciliwung berlanjut

Sampah yang terkumpul kemudian didaur ulang di Rumah Pemulihan Material Waste4Change. Sedangkan sampah residu akan diolah menjadi "Refuse Derived Fuel" (RDF) sehingga tidak ada material yang berakhir di TPA (Zero Waste to Landfill).

“Meskipun bukan solusi jangka panjang, aksi bersih sampah ini diharapkan mampu memantik kesadaran tentang dampak dari sampah yang kita hasilkan." kata Leader World Clean-up Day Indonesia, Andy Bahari.

Selain mendukung Aksi Bersih Sampah Sungai Ciliwung, penyelenggara juga mengirimkan personel dan transportasi pengangkut sampah.

Penyelenggara juga menggelar diskusi aksi penyelamatan lingkungan yang dibawakan oleh WCD Indonesia, Waste4Change, Greeneration Foundation dan "meet&greet" bersama para kreator.

Aksi Bersih Sampah Sungai Ciliwung turut dihadiri pencipta konten meliputi Leonardo Edwin, Turah Parthayana, Jehian Sijabat, Dennis Kho, Erika Richardo, Vania Herlambang, Rian Farhadi “Presiden Gen Z", Pandawara Group, Bima "Backpacker Tinggi" dan Rinaldi Nur Ibrahim.

Kegiatan ini juga didukung oleh Komunitas Peduli Ciliwung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satuan Tugas (Satgas) Naturalisasi Ciliwung Kota Bogor.
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023