Jakarta (ANTARA) -- Jumlah pengangguran di Indonesia masih sangat besar sehingga menimbulkan banyak orang yang kebingungan mencari pekerjaan.

Salah satu penyebabnya adalah informasi tentang pekerjaan yang kadang susah didapat apalagi yang berada di luar domisili tempat tinggal.

Oleh sebab itu, seringkali orang-orang mencari informasi melalui aplikasi lowongan kerja yang dapat menyajikan berbagai macam lowongan kerja terpercaya dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satunya adalah aplikasi Pintarnya yang menyediakan banyak informasi lowongan kerja.

Namun selain pusing mencari pekerjaan, terkadang beberapa dari calon pekerja juga pusing memikirkan proses interview yang akan mereka jalani setelah lamaran mereka diterima.

Banyak para calon pekerja yang mencari-cari informasi seputar tips interview kerja yang baik agar mereka dapat lolos dan mendapatkan pekerjaan tersebut.

Proses interview memang menjadi penentuan di tahap selanjutnya setelah para calon pekerja berhasil lolos dokumen-dokumen lamarannya.

Dalam proses interview, para calon pekerja harus berhadapan langsung secara tatap muka dengan HRD, hal inilah yang kadang membuat calon pekerja gugup sehingga gagal dalam tes interview.

Lantas bagaimanakah tips interview kerja yang baik agar mudah diterima oleh perusahaan? Simak berikut :

Mempersiapkan Jawaban untuk Pertanyaan Umum

Sebelum berangkat untuk melakukan wawancara kerja, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu jawaban-jawaban terkait pertanyaan umum yang memiliki potensi besar untuk ditanyakan oleh pewawancara.

Diantaranya adalah “Mengapa tertarik melamar di perusahaan ini?”, “Apa kekurangan kamu?” atau “Apa kelebihan kamu?” dan lain sebagainya.

Pelamar kerja harus bisa menjawab dengan pasti dan tidak ragu-ragu agar pewawancara yakin akan kemauan dan keoptimisan pelamar mampu menghandle pekerjaan yang dilamar.

Melatih Diri untuk Lancar Berbicara

Dalam proses wawancara, HRD tentunya akan menanyakan berbagai macam pertanyaan kepada para pelamar.

Agar tidak gugup ketika tanya jawab dengan HRD, sebaiknya perlu untuk melatih diri lancar berbicara terlebih dahulu.

Melatih berbicara diri sendiri bisa dilakukan di depan cermin atau dengan keluarga ataupun teman dekat.

Buatlah skenario seolah-olah tengah berhadapan langsung dengan HRD yang akan mewawancarai nantinya.

Ketahui dan Pahami Tentang Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Tips wawancara kerja agar mudah diterima selanjutnya adalah carilah informasi sebanyak mungkin agar dapat memahami perusahaan dan juga posisi yang dilamar sebelum melakukan wawancara.

Pasalnya, HRD kemungkinan besar akan menanyakan seberapa paham pelamar terkait perusahaan dan posisi yang mereka lamar.

Apabila pelamar dapat menjawab dengan benar, tentunya hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi pelamar.

Siapkan Penampilan yang Terbaik dan Datang Tepat Waktu

Segi penampilan juga memiliki kemungkinan besar untuk menjadi salah satu faktor penilaian apakah pelamar lolos atau tidak dalam proses interview kerja.

Oleh sebab itu, persiapkan penampilan yang rapi dan bersih dan yang paling penting adalah sesuai intruksi ketika melakukan proses wawancara kerja.

Selain itu datanglah tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya agar berkesan baik.

Bersikap Santun dan Hormat Serta Aktif Bertanya

Bersikap santun dan hormat merupakan salah satu tips wawancara kerja yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, semua orang senang dihormati sehingga sikap tersebut harus diterapkan terlebih ketika wawancara kerja.

Melalui sikap santun dan hormat, pelamar akan mendapatkan penilaian yang baik entah itu dari pewawancara ataupun orang-orang disekitar.

Selain itu, usahakan aktif bertanya kepada pewawancara setelah selesai menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan bisa seputar tugas pada posisi yang dilamar atau mengenai perusahaan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023