Jakarta (ANTARA/JACX) – Pembangunan sejumlah infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia menjadi program unggulan Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Ketersediaan infrastruktur itu pun mendapatkan beragam sambutan dari masyarakat di seluruh Indonesia, salah satunya unggahan video yang menampilkan terowongan jalan yang menembus pegunungan.

Unggahan di Twitter itu menunjukan video dua jalan yang menembus pegunungan dan disertai narasi sebagai terowongan terpanjang, berlokasi di Sumatera Barat.

Narasi pada unggahan itu menyebut nilai proyek jalan menembus pegunungan itu mencapai Rp9 triliun.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“*Terowongan tol terpanjang yang menembus gunung senilai 9 trilyun. Persembahan Presiden Jokowi buat warga Sumatera Barat yang mayoritas tidak memilihnya dalam 2014 dan 2019. hebatnya Presiden Jokowi*.”

Namun, benarkah video tersebut memang menampilkan terowongan jalan terpanjang di Sumatera Barat?

Unggahan video hoaks yang dinarasikan sebagai terowongan jalan tol terpanjang di Sumatera Barat. Faktanya, video tersebut bukan menampilkan jalan tol di Indonesia, melainkan di Korea Selatan. (Twitter)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan video di Twitter serupa dengan unggahan Facebook Civil Engineering Discoveries dengan judul ‘South Korean Highways Credit Civil Engineering Discoveries‘ pada Juli 2020. Video yang menunjukkan terowongan jalan tol menembus pegunungan tersebut bukan terletak di Sumatera Barat, Indonesia, melainkan di Korea Selatan.

Terkait tol Pekanbaru - Padang Pariaman di Sumatera Barat, Presiden Joko Widodo belum dapat memastikan penyelesaian proyek tersebut saat meresmikan Tol Bangkinang pada 4 Januari.

Presiden, seperti dilaporkan ANTARA, mengatakan tol Pekanbaru-Bangkinang tersambung dengan Jalan Tol Lingkar Luar Pekanbaru. "Sehingga Dumai-Pekanbaru-Bangkinang akan sambung terus ke arah Padang. Selesainya kapan? Saya tidak bisa bicara, karena memang masih panjang," ujar Presiden Jokowi.

Dengan demikian, unggahan video yang dinarasikan sebagai terowongan tol menembus pegunungan di Sumatera Barat merupakan hoaks.

Klaim: Video terowongan terpanjang Rp9 triliun di Sumbar
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! BI kumpulkan dana untuk proyek jalan tol

Cek fakta: Misinformasi! Helikopter mendarat darurat di Tol Merak

Baca juga: Hutama Karya berkomitmen lanjutkan konstruksi Tol Padang -- Pekanbaru

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023