"Sudah menjadi komitmen jajaran Polda Jateng untuk selalu menjadi representasi negara hadir di tengah-tengah masyarakat," kata Kapolda.
Sukoharjo (ANTARA) - Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi telah meresmikan Mako Polres Sukoharjo dan enam bangunan lainnya di wilayah Polda Jateng yang dipusatkan di Polres Sukoharjo, Kamis, untuk meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat.

Ahmad Luthfi selain meresmikan gedung Mako Polres Sukoharjo yang menempati lokasi baru di kawasan Mandan, juga enam bangunan lainnya di wilayah Polda Jateng yakni Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat 4 Surakarta, Mapolsek dan Rumah Susun (Rusun) Kaliwungu Polres Kudus, Mako Polsek Jepon Polres Blora, Mako K9 Ditsamapta Semarang, Rusun Kompi 2C Pelopor Satuan Brimob Surakarta, Gedung Poli Rawat Jalan-Rawat Inap dan Rehabilitasi Medik.

Ahmad Luthfi dalam kesempatan tersebut mengatakan dengan peresmian tujuh bangunan di wilayah Polda Jateng tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat.

"Sudah menjadi komitmen jajaran Polda Jateng untuk selalu menjadi representasi negara hadir di tengah-tengah masyarakat," kata Kapolda.

Menyinggung soal sejumlah bangunan yang diresmikan, Kapolda mengatakan untuk RS Bhayangkara Surakarta bukan hanya khusus untuk anggota Polri saja. Melainkan, juga untuk masyarakat umum sehingga fasilitas kegiatan pelayanan untuk membesarkan masyarakat wilayah Surakarta dan sekitar.

Menurut Kapolda membangun rumah sakit tidak sekadar gedung, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) di dalamnya dan segera diakselerasi agar secepatnya memberikan dampak kepada masyarakat.

Selain itu, Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sukoharjo yang telah memberikan hibah tanah untuk lokasi pembangunan Mako Polres. Mako Polres Sukoharjo sendiri dibangun dengan anggaran Rp35 miliar dengan luas lahan 21.838 meter persegi.

Kapolda menyampaikan jangan sungkan-sungkan, kalau perlu semua Polsek di Sukoharjo juga dihibahkan.

Sementara itu, Kepala Biro Logistik Polda Jateng Kombes Pol Farid Bachtiar Effendi menyampaikan sesuai Dipa Polri 2022 untuk Polda Jateng ada tujuh bangunan yang dilaksanakan. Pelaksanaan proyek memedomani yakni tepat waktu, tepat mutu, dan tepat biaya (3T). Pembangunan konstruksi 2022 dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyampaikan bahwa pembangunan Gedung Mako Polres Sukoharjo ini, merupakan wujud sinergitas antara Pemkab Sukoharjo dengan Polres dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Etik Suryani bangunan tersebut berdiri di atas tanah yang berasal dari hibah Pemkab Sukoharjo berupa tanah seluas 21.838 meter persegi. Selain Gedung Mako Polres, dibangun juga Rumah Dinas Kapolres, Rumah Dinas Wakapolres, Barak Dalmas, dan Pembangunan Satpas SIM Polres.

Etik Suryani berharap dengan peresmian Mako Polres Sukoharjo ini, dapat lebih meningkatkan transformasi Polri di bidang pelayanan publik.

"Sehingga, tugas pokok Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat semakin maksimal," katanya. 

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023