Jakarta (ANTARA) - Singapura bakal menurunkan lebih dari 500 atlet pada SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja yang dijadwalkan bergulir 5-17 Mei mendatang, demikian seperti dilansir laman resmi Dewan Olimpiade Asia (OCA), Sabtu.

Presiden Komite Olimpiade Nasional Singapura (SNOC) Tan Chuan-Jinsejauh mengatakan sejauh ini ada 517 atlet yang masuk daftar, tetapi jumlah tersebut masih bisa berubah seiring makin dekatnya dengan pelaksanaan pesta olahraga dua tahunan terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut.

Mereka akan turun pada 27 cabang olahraga, termasuk olahraga akuatik, bulu tangkis, tenis meja, dan esport.

Baca juga: Binpres PB PASI ajukan 60 nama untuk pelatnas atletik PPON

Dari daftar nama atlet Singapura beberapa di antaranya adalah muka lama seperti perenang peraih emas Olimpaide 2016 di Rio de Janeiro nomor 100m gaya kupu-kupu Joseph Schooling, spinter Shanti Pereira, dan bintang bulu tangkis Loh Kean Yew.

SNOC masih memberikan kesempatan kepada atlet Singapura lainnya untuk memenuhi kriteria masuk skuad untuk SEA Games 2023 hingga Februari mendatang.

Pada SEA Games Vietnam, Singapura mengirimkan 424 atlet dan turun di 33 cabang olahraga. Hasilnya, Singapura menempati peringkat kelima dalam daftar perolehan medali dengan mendulang 47 emas, 46 perak, dan 71 perunggu.

Adapun pada SEA Games 2023 rencananya akan mempertandingkan/melombakan 36 cabang olahraga. Ini merupakan kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta olahraga yang diikuti 11 negara di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Baca juga: KOI ingatkan atlet untuk jaga kesehatan jelang SEA Games Kamboja
Baca juga: Pencak silat dan kun bokator kian eratkan hubungan RI-Kamboja

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023