Bantul (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Kapolda DIY) Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif merupakan syarat mutlak bagi lingkungan industri pariwisata.

"Untuk itu upaya-upaya preventif dan preventif menjadi salah satu upaya yang efektif dalam menangkal terjadinya kejahatan," kata Kapolda DIY dalam sambutan pada Penandatanganan Berita Acara dan Penyerahan Hibah ATV dan UTV kepada Ditpolairud Polda DIY di Pantai Parangtritis, Bantul, Sabtu.

Menurut Kapolda, tentunya dalam pelaksanaan upaya-upaya tersebut memerlukan dukungan sarana dan prasarana yang mewadahi untuk memaksimalkan kinerja personel di lapangan dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Pada kesempatan tersebut, Polda DIY mendapatkan hibah berupa satu unit ATV dan satu unit UTV yang akan digunakan Ditpolairud Polda DIY dalam pelaksanaan tugas sehari-hari khususnya dalam pengamanan wisata Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DIY.

"Saya berharap dengan dihibahkannya satu unit ATV dan satu unit UTV tersebut dapat mendukung personel Ditpolairud dalam melaksanakan patroli di Parangtritis untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, sehingga industri pariwisata dapat berkembang lebih baik lagi," katanya.

Kapolda juga mengatakan, sarana yang dihibahkan tersebut sangat dibutuhkan Ditpolairud Polda DIY untuk meningkatkan kualitas pengamanan di wilayah kawasan wisata Pantai Parangtritis.

Terlebih, lanjut Kapolda DIY, objek wisata di DIY khususnya kawasan Pantai Parangtritis yang terdapat di Bantul merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menunjukkan bahwa pada tahun 2022, kawasan objek wisata Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan favorit dengan jumlah kunjungan mencapai 2,3 juta wisatawan.

"Sehingga situasi tersebut berpotensi meningkatkan kerawanan terjadinya gangguan kamtibmas," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023