Makau (ANTARA) - Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Makau Ho Iat Seng pada Sabtu (21/1) mengatakan bahwa pemerintah daerah administratif khusus di China itu akan fokus pada percepatan pemulihan ekonomi dan diversifikasi di Tahun Kelinci.

Dalam pesannya untuk Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Minggu (22/1), Ho mengatakan, pemerintah SAR Makau akan menerapkan sistem tata kelola yang sehat dan stabil untuk Makau di tahun mendatang, memajukan zona kerja sama mendalam Guangdong-Makau di Hengqin di kota tetangga Zhuhai serta teguh menjaga keamanan nasional.

Pemerintah SAR Makau, imbuh Ho, juga akan berusaha memecahkan masalah yang telah mengakar di bidang pembangunan sosial-ekonomi, memanfaatkan secara penuh keunggulan dan karakteristik Makau agar menjadi lebih terintegrasi dengan pembangunan nasional secara keseluruhan, seraya membuat terobosan baru dalam mewujudkan praktik "satu negara, dua sistem" dengan karakteristik Makau.
 
   Sejumlah orang menikmati suasana di depan reruntuhan Katedral St. Paul yang menjadi ikon Kota Makau, China. Makau telah berhasil melewati pandemi, dan seluruh kota itu dihiasi dekorasi meriah pada saat masyarakat kembali memadati berbagai tempat wisata dan restoran (Xinhua)


Zheng Xincong, direktur Kantor Perhubungan Pemerintah Rakyat Pusat di SAR Makau, pada Sabtu mengatakan bahwa Makau telah berhasil melewati pandemi, dan seluruh kota pun dihiasi dekorasi meriah di saat masyarakat kembali memadati berbagai tempat wisata dan restoran

Dalam pesannya untuk Tahun Baru Imlek, Zheng menggarisbawahi upaya untuk menerapkan prinsip "satu negara, dua sistem" secara penuh, akurat, dan teguh, menjaga yurisdiksi otoritas pusat secara keseluruhan dengan tegas, menerapkan prinsip "para patriot yang mengelola Makau," sepenuhnya memanfaatkan keunggulan dan karakteristik Makau, dan mengintegrasikan diri dengan lebih baik ke dalam pembangunan nasional secara keseluruhan untuk bersama-sama membangun masa depan yang lebih cerah bagi Makau.

Komisaris Kementerian Luar Negeri China di SAR Makau Liu Xianfa mengatakan bahwa Makau memiliki keunggulan yang terlihat jelas dalam hal pertukaran dan kerja sama internasional.

Selain itu, Makau juga memainkan peran khusus dalam meningkatkan kerja sama dengan negara-negara berbahasa Portugis dan negara-negara Asia Tenggara, serta dalam pembangunan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI) yang menghadirkan kondisi dan peluang yang baik bagi transformasi dan pembangunan Makau.

Kantor komisaris itu akan secara aktif membantu SAR Makau dalam memperluas pertukaran dan kerja sama eksternal, menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi kemakmuran dan stabilitas jangka panjang Makau, serta pengembangan yang stabil dan berkelanjutan dari prinsip "satu negara, dua sistem," kata Liu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023