buka di seluruh layanan 37 Puskesmas
Semarang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua bagi masyarakat umum di seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) mulai 24 Januari ini.

"Vaksin dosis keempat atau booster kedua sudah kita buka untuk masyarakat umum hari ini. Kami buka di seluruh layanan 37 Puskesmas," kata Kepala Dinkes Kota Semarang Abdul Hakam, di Semarang, Selasa.

Ia mengatakan pelayanan vaksinasi digelar juga di lobi Balai Kota Semarang pada 24-27 Januari 2023 mulai pukul 08.00-12.00 WIB dengan menyediakan 100 dosis bagi masyarakat yang melakukan vaksin.

Selain di Puskesmas, kata dia, pelayanan vaksinasi juga dibuka di Public Safety Centre (PSC) 119 yang terletak di sebelah Rumah Dinas Wali Kota Semarang, Manyaran, Semarang.

"Kami mengakomodasi teman-teman Pemerintah Kota Semarang (vaksinasi, red.) di lobi wali kota. Lalu, di PSC 119 di Manyaran. Jadi, misalnya di Puskesmas jam 12.00 tutup silakan ke PSC," katanya.

Baca juga: Pelajar positif, PTM beberapa sekolah di Semarang dihentikan lagi
Baca juga: Kondisi pelatih PSIS telah membaik pascaterpapar COVID-19

Bahkan, kata dia, PSC 119 juga melayani masyarakat mungkin baru sempat atau ingin melakukan vaksinasi COVID-19 di atas pukul 21.00 WIB karena ada petugas yang siaga.

Untuk stok dan jenis vaksin, Hakam menyebutkan vaksin COVID-19 yang tersedia saat ini sekitar 5.000-an dosis, terdiri atas 4.566 vaksin Pfizer dan 530-an vaksin Indovac.

Hakam berharap dengan dibukanya vaksinasi booster kedua untuk umum tersebut bisa menutup peluang kasus baru Corona meski saat ini sudah tidak ada penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Ya, harapannya tidak ada kasus baru COVID-19 yang jumlahnya puluhan maupun ratusan dulu. Mudah-mudahan dengan kesadaran masyarakat dan cakupan yang semakin bertambah," pungkasnya.

Sementara itu, di lobi Balai Kota Semarang terlihat banyak masyarakat yang melakukan vaksinasi COVID-19, termasuk Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang Indriyasari.

"Saya tahu (informasi, red.) dari Pak Hakam. Makanya, langsung ke sini karena kebetulan masih satu kompleks sama kantor. Kita kan pelayan masyarakat, kita beri contoh yang baik ke masyarakat. Selain itu, agar terhindar dari COVID-19," katanya.

Baca juga: Presiden apresiasi capaian vaksinasi di Kabupaten Semarang

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023