Jakarta (ANTARA) - SMA Labschool Jakarta menjadi satu-satunya delegasi Indonesia yang mengikuti ajang Harvard Model United Nations (HMUN) 2023 di Amerika Serikat.

HMUN yang diselenggarakan Universitas Harvard adalah ajang lomba simulasi sidang PBB tertua dan paling bergengsi di dunia. Acara itu diselenggarakan di Hotel Sheraton, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, pada 26 - 29 Januari 2023.

"SMA Labschool Jakarta satu-satunya sekolah yang rutin diundang oleh Universitas Harvard sejak tahun 2014 untuk mengikuti HMUN. Partisipasi Labschool dalam HMUN sempat terhenti dikarenakan pandemi COVID-19 pada 2021-2022," kata Guru Pendamping Satriwan Salim dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ajang HMUN menguji wawasan dan keterampilan siswa dalam berdebat, bernegosiasi, melobi, membangun kompromi, menyelesaikan masalah, membuat position paper, dan resolusi perihal isu-isu global kontemporer yang sedang terjadi di dunia dan menjadi pembahasan di organisasi PBB.

Universitas Harvard sudah menyelenggarakan HMUN sejak tahun 1927 dan masih berlangsung sampai sekarang.

Dalam ajang HMUN 2023, SMA Labschool Jakarta membawa 35 siswa yang didampingi guru Satriwan Salim dan Nuniek Qurniasih, serta Kepala Sekolah Suparno Sastro.

Para siswa itu antusias mengikuti HMUN lantaran mereka memiliki kesempatan bertemu membangun kolaborasi dan jejaring internasional di antara 50 negara.

"Pengalaman sangat berharga bagi anak-anak kami, berjumpa, membangun dialog, bernegosiasi, mensimulasikan diri seperti diplomat, bersidang, dan membuat solusi," kata Kepala Sekolah SMA Labschool Jakarta Suparno Sastro.

"Meskipun dalam lomba, menang kalah itu biasa. Tapi membangun rasa percaya diri, mengasah kepemimpinan siswa, dan memberi solusi persoalan global di antara 3.000 siswa dari 50 negara, itu yang rasanya luar biasa," ucapnya.

Sementara itu perwakilan siswa bernama Farrel Refaya Akbar mengatakan ikut lomba simulasi sidang PBB melalui ajang Harvard Model United Nations adalah pengalaman berharga baginya.

"HMUN cukup berat, melatih skil debat, negosiasi, kepemimpinan. Tapi saya senang bisa di sini. Universitas Harvard adalah kampus impian banyak anak di dunia. Saya bersyukur dan bangga memenuhi undangan Harvard," kata Farrel.

Baca juga: SMA Labschool lakukan penguatan pendidikan karakter melalui kolaborasi

Baca juga: Calon diplomat muda difasilitasi lakukan simulasi sidang PBB

Baca juga: Mutiara Baswedan berpartisipasi di simulasi Sidang PBB


 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023