Pontianak (ANTARA) - Sebanyak enam rumah toko (ruko) yang beralamat di Jalan Hermansyah, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Provinsi Kalimantan Barat, terbakar Minggu sekitar pukul 11.00 WIB.

"Kejadian kebakaran, dimana Kota Singkawang sedang diguyur curah hujan dengan intensitas sedang. Dari kejadian itu pula, Yayasan dan Kantor MABT Singkawang mengalami rusak parah, sedangkan empat ruko lainnya mengalami rusak ringan pada bagian atas ruko," kata Kapolsek Singkawang Barat, AKP Dwi Raharjo di Singkawang, Minggu.

Dia mengatakan, berdasarkan olah TKP sementara ruko yang terbakar ada sebanyak enam ruko terdiri dari kantor yayasan dan kantor MABT serta empat ruko yang berada di sampingnya.

Untuk yayasan dan Kantor MABT rusak parah, sedangkan empat ruko lainnya hanya terbakar pada bagian belakang atas ruko.

"Sumber api diduga berasal dari Yayasan atau Kantor MABT Singkawang, namun untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," ujarnya.

Sementara Ketua MABT Singkawang, Tjhia Khi To mengaku tidak tahu pasti penyebab kebakaran.

"Saya datang ke kantor mau cari anggota saya, pas mau buka pintu saya lihat sudah banyak asap di dalam kantor," katanya.

Begitu dia masuk ke dalam, ternyata di belakang kantor sudah ada api. "Di bagian dapur sudah ada api, sekitar pukul 11.00 WIB," ujarnya.

Hingga pukul 13.00 WIB, petugas Damkar masih berupaya melakukan pemadaman. Karena dikhawatirkan api masih menyala dan membakar bagian ruko yang masih tersisa.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023