Hamamatsu (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Tokyo, Jepang, melakukan “jemput bola” pelayanan imigrasi, protokol konsuler dan konsultasi pendidikan di Kota Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, pada 28-29 Januari 2023.

Wakil Duta Besar RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami di Hamamatsu pada Minggu mengatakan dengan kegiatan itu pihaknya berharap dapat menjangkau lebih banyak warga negara Indonesia (WNI) yang memerlukan pelayanan dan perlindungan.

“Apresiasi (diberikan) kepada Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamatsu dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Hamamatsu atas kerja sama yang terjalin untuk kegiatan ini,” katanya.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler Ali Sucipto dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno.

Daryati, seorang WNI asal Indramayu, mengaku terbantu dengan pelayanan imigrasi tersebut karena dia tidak perlu bepergian jauh ke Tokyo untuk memperpanjang masa berlaku paspornya.

“Memudahkan banget sih, ‘kan cuma dua hari saja, tanggal 28 dan 29. Kalau enggak ada di sini, harus ke Tokyo, lebih jauh,” katanya.

Dia mengaku mengetahui informasi tersebut dari atasan di tempat kerjanya, sebuah perusahaan makanan.

“Tahu dari sensei (atasan) ada event di sini, alhamdulillah,” ujar Daryati yang sudah bekerja di Jepang selama lima tahun itu.

Pekerja Indonesia di Jepang, Daryati dan Rika, menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan keimigrasian dalam kegiatan Indonesia-Japan Friendship Day 2023 di Hamamatsu, Minggu (29/1). (ANTARA/Juwita Trisna Rahayu)
Hal senada juga diungkapkan oleh Rika Srisanti, seorang WNI asal Cianjur, yang bekerja di perusahaan yang sama dengan Daryati.

Dia mengatakan dirinya tidak perlu mengajukan izin dari tempat kerjanya karena pelayanan KBRI dilakukan pada libur akhir pekan.

“Ini baru pertama kali. Mempermudah, ya, (karena) kalau ke Tokyo jauh. Ke sini lebih cepat dan terjangkau dan pas lagi libur, kebetulan dua hari,” katanya.

Menurut data KBRI Tokyo, ada sekitar 500 WNI yang mengikuti layanan terpadu tersebut, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia-Japan Friendship Day (IJFD) 2023.

IJFD adalah kegiatan promosi terpadu perdagangan, pariwisata dan investasi Indonesia serta layanan kekonsuleran dan keimigrasian, sekaligus ajang promosi seni dan budaya Indonesia yang tersebar di 13 titik kota di Jepang.

Kegiatan itu merupakan kelanjutan dari Indonesia Friendship Day (IFD) yang dilakukan sepanjang 2022 di 11 kota di Jepang.

Baca juga: Indonesia-Japan Friendship Day 2023 perdana digelar di Kota Hamamatsu
Baca juga: Wali Kota Meguro jajaki kerja sama dengan Sekolah Indonesia Tokyo

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023