Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dapat menjadi momentum bagi insan pers untuk meningkatkan peran pers sebagai pilar keempat demokrasi.

"Peringatan Hari Pers harus menjadi momentum untuk semakin meningkatkan peran pers sebagai piranti demokrasi yang mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui sajian informasi yang akurat, berimbang, dan terpercaya," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu usai menerima pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sekaligus Panitia HPN 2023, di Jakarta, Senin.

Dalam meningkatkan peran tersebut, kata Bamsoet, maka segenap insan pers harus dapat meningkatkan kualitas dari pemberitaan itu sendiri.

Baca juga: Pemprov Sumut siap selenggarakan Hari Pers Nasional 2023

"Yang hanya dapat dihasilkan oleh pers yang berkinerja secara profesional," ujarnya.

Bamsoet menilai media massa tidak sekedar sebuah industri, melainkan menjadi representasi institusi publik dan institusi sosial.

Media massa, lanjut dia, juga tidak sekedar menjadi sarana penyebarluasan informasi, melainkan merepresentasikan pula fungsi kontrol dan kritik, serta memberikan ruang bagi partisipasi publik.

"Dengan jangkauan dan tingkat aksesibilitas yang luas, media massa juga mempunyai peran strategis untuk membentuk opini publik, sebagai dinamisator dan mobilisator sosial, sekaligus akselerator perubahan," tuturnya.

Ia mengatakan peran media dalam menyajikan informasi yang akurat, objektif dan berimbang, pada gilirannya akan mendorong terwujudnya masyarakat yang sehat yakni masyarakat yang melek informasi dalam makna yang sebenarnya.

"Tidak heran jika wartawan mempunyai kedudukan strategis dalam industri media, baik dalam memberi warna dan corak pemberitaan, maupun dalam merekonstruksi persepsi dan opini publik yang dibangun dari sumber informasi yang berkualitas dan dapat dipercaya," katanya.

Ia pun menjelaskan serangkaian kegiatan menarik dari peringatan HPN 2023 dengan tema "Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat" yang puncak acaranya akan diselenggarakan pada 9 Februari mendatang di Medan, Sumatera Utara.

Pada 7 Februari, sejumlah kegiatan yang akan dihelat di antaranya berupa workshop digital di Universitas Sumatera Utara (USU). Lalu, seminar 'Anugerah Jurnalistik Adinegoro' dan media sustainability; diskusi Anugerah Kebudayaan; serta program Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI).

Pada 8 Februari, akan digelar Seminar Internasional "Trade, Tourism, and Investment Forum for North Sumatera"; dan beberapa agenda besar lainnya.

Adapun acara puncak HPN pada 9 Februari akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, serta akan diadakan pameran HPN yang menunjukkan perkembangan pers Indonesia selama tiga abad.

Dalam pertemuan dengan Bamsoet tersebut, pengurus PWI sekaligus Panitia HPN 2023 yang hadir yakni Ketua Umum PWI Atal S. Depari, Wakil Bendahara Umum PWI Dar Edy Yoga dan Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) PWI Suprapto.

Baca juga: PBA apresiasi Ketua MPR raih gelar doktor bidang hukum
Baca juga: Ketua MPR raih gelar doktor hukum dari Unpad


 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023