Zagreb (ANTARA) - Presiden Kroasia Zoran Milanovic mengkritik kunjungan Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg ke Korea Selatan dan Jepang.

"Saya mengetahui bahwa kepala NATO mengunjungi Korea Selatan dan Jepang. Dia tidak mewakili saya dan negara saya di sana. Itu bukanlah wilayah NATO, melainkan kawasan sekitar China. Tidak ada hubungannya dengan Kroasia," ujar Milanovic saat bertemu dengan pasukan Kroasia yang dikerahkan untuk berpartisipasi dalam kelompok tempur Forward Presence milik NATO di Lithuania, Senin (30/1).

Stoltenberg mengunjungi Korsel dan Jepang antara Minggu (29/1) hingga Rabu (1/2) guna mengatasi tuduhan ancaman keamanan dari Korea Utara dan China.

Milanovic juga mengecam keputusan Barat yang mengirimkan tank Jerman ke Ukraina dan menekankan bahwa pengiriman senjata tidak akan mengakhiri konflik di Ukraina.

"Tank Rusia telah kewalahan dan nasib yang sama akan menimpa tank Jerman," kata Milanovic.

Berbeda dengan Pemerintah Kroasia, yang bersedia berpartisipasi dalam Misi Militer baru Uni Eropa untuk mendukung Ukraina, Milanovic dengan tegas menolak pelatihan militer bagi tentara Ukraina di Kroasia dan mengkritik kebijakan Barat di Ukraina.

Terkait beberapa orang di Parlemen Eropa yang berbicara tentang upaya "menghancurkan Rusia", Milanovic menyebut gagasan itu sebagai hal "gila".
 
Presiden Kroasia Zoran Milanovic (kanan) berbicara dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Zagreb, Kroasia, Rabu (4/3/2020). (ANTARA/Xinhua/Jurica Galoic)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023