Jakarta (ANTARA/JACX) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS), pada Selasa (31/1), menyatakan dukungan penuh terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden dalam Pilpres 2024.

Dukungan itu akan secara resmi disampaikan akhir Februari 2023.

Beragam suara tentang pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 masih ramai beredar di media sosial.

Salah satunya, unggahan di YouTube yang menarasikan penolakan kampanye Anies Baswedan di Bandung. Penolakan tersebut disertai pembakaran atribut dan baliho kampanye.

Pada gambar sampul unggahan YouTube itu terdapat baliho Anies Baswedan yang dibakar ditengah jalan dan terdapat sekelompok orang di sekeliling pembakaran tersebut.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“BREAKING BEWS.!!

ATRIBUT & BALIHO ANIES, DI BAK4R

PENOLAKAN KAMPANYE, DI BANDUNG MENGERIKAN

Namun, benarkah terdapat atribut dan baliho Anies Baswedan yang dibakar massa di Bandung?

Unggahan foto dan video hoaks yang menarasikan foto dan baliho kampanye Anies Baswedan dibakar di Bandung. Faktanya, foto pembakaran tersebut merupakan suntingan dan video tidak ada hubungannya dengan klaim tersebut. (YouTube)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, foto pembakaran atribut dan baliho Anies Baswedan di Bandung merupakan hasil suntingan.

Video serupa ditemukan dalam laman media Kompas dengan judul, ‘Demo Kenaikan Harga BBM, Ratusan Mahasiswa Robohkan Gerbang DPRD Bandar Lampung‘.

Dalam foto tersebut, mahasiswa di Lampung membakar ban di depan Gedung DPRD Lampung dalam demonstrasi penolakan BBM pada September 2022. 

Video berdurasi 10 menit di YouTube itu juga hanya menampilkan video cuplikan pendapat pengamat politik terhadap Anies Baswedan dan juga video Anies Baswedan saat acara jalan sehat di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. 

Sementara, narator membacakan artikel dari dua situs yang berbeda, yaitu dari Warta Ekonomi berjudul 'Urang Bandung Enggak Terima Anies Baswedan, Fahri Hamzah Malah Nyalahin Kebijakan Pemilu' dan Detikcom berjudul 'Kunjungan ke Bandung Sempat Ditolak, Anies Ucapkan Terima Kasih pada Demonstran'. 

Dengan demikian, foto dan video yang menarasikan atribut dan baliho Anies Baswedan dibakar massa di Bandung merupakan keliru.

Faktanya, foto tersebut merupakan suntingan dan video unggahan tersebut tidak menyebutkan foto dan baliho Anies dibakar di Bandung.

Klaim: Foto atribut Anies Baswedan dibakar massa di Bandung
Rating: Hoaks


Cek fakta: Hoaks! Cak Nun sebut Jokowi 'Firaun' adalah perintah Anies Baswedan

Cek fakta: Hoaks! NasDem batalkan pencapresan Anies karena korupsi bansos DKI

Baca juga: PKS tegaskan sikap dukung Anies Baswedan menjadi capres

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023