Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan forum Ijtima Ulama DKI Jakarta untuk merespons situasi terkini bangsa dan negara.

"Para ulama se-DKI Jakarta berkumpul untuk membaca perkembangan dan situasi di bidang sosial, ekonomi, budaya hingga politik," kata Muhaimin Iskandar di Jakarta, Kamis.

Muhaimin lantas menyebutkan salah satu pembahasan dalam forum itu terkait mendisiplinkan label halal untuk produk dan makanan yang dikonsumsi di Indonesia.

"Banyak yang melanggar standardisasi halal sehingga perlu didisiplinkan. Mungkin nantinya menjadi bagian rekomendasi para ulama," katanya.

Pembahasan lainnya, kata Muhaimin, terkait dengan konsolidasi gagasan dalam rangka ulang tahun ke-100 atau satu abad Nahdlatul Ulama (NU).

"Para kiai dan ulama memperingati dengan mengkaji, mengevaluasi, serta melihat proses masa depan perjuangan ulama dan NU," katanya menegaskan.

Ia mengatakan bahwa para kiai dan ulama di Jakarta akan bertekad menjadi bagian dari upaya mewujudkan Jakarta yang lebih manusiawi dan lebih makmur.

Wakil Ketua DPR itu mengungkapkan usai Ijtima Ulama Nusantara di Jakarta beberapa waktu lalu telah ditindaklanjuti dalam forum yang sama di sejumlah daerah seperti Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan.

"Ini menjadi sarana diskusi untuk membicarakan problematika sosial dan agama," ujarnya.

Baca juga: Muzani minta Muhaimin sampaikan Ijtima Ulama Nusantara kepada Prabowo
Baca juga: Dasco apresiasi rekomendasi Ijtima Ulama Nusantara

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023