Kami wajib melaksanakan kewajiban program CSR sebagaimana yang tertuang dalam UU PT serta PP tentang CSR
Jakarta (ANTARA) - PT Titis Sampurna, perusahaan sektor minyak dan gas bumi (migas) melalui tim corporate social responsibility (CSR) bersinergi dengan Tim Gabungan Siaga Bencana Jawa Barat, menyerahkan bantuan untuk korban gempa Cianjur.

Bantuan berupa tenda untuk pembangunan tempat hunian sementara tersebut menurut Finianto Djoko selaku perwakilan dari tim CSR PT Titis dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, diharapkan bisa mencegah penularan penyakit di antara keluarga korban gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,6 itu.

Menurut dia, aksi peduli terhadap korban gempa Cianjur bukanlah kali pertama dijalankan perusahaan, sebelumnya saat tsunami di Selat Sunda, bencana gempa di Lombok dan Palu pada 2018 serta banjir di Konawe pada 2020 pihaknya juga melakukan aksi yang sama.

Kegiatan sosial ini, tambahnya, merupakan komitmen perseroan dalam menjalankan amanat UU No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT), serta Peraturan Pemerintah No 47 Tahun 2017 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

"Serta 42 tahun operasional perusahaan kami di sektor migas. Kami wajib melaksanakan kewajiban program CSR sebagaimana yang tertuang dalam UU PT serta PP tentang CSR," kata Finianto.

Selain tenda darurat, perusahaan juga membagikan logistik dan kebutan pokok di dua titik yakni Posko Desa Cigasol yang dikelola Tim Gabungan Siaga Bencana Jawa Barat, dan Gudang Logistik Bencana Alam Bale Rancage yang dikelola Pemkab Cianjur.

Baca juga: Gag Nikel kirim tim dan bantuan untuk korban gempa Cianjur

Baca juga: BNPB: Warga relokasi mandiri tetap mendapat bantuan pemerintah


Secara simbolis, bantuan diterima Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemkab Cianjur, Dadan Ginanjar.

Sementara itu untuk mengurangi trauma anak-anak dan ibu-ibu di Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, lanjutnya, perusahaan juga menggelar trauma healing activity, melalui kegiatan fesyen show anak-anak, permainan edukasi dan pemberian hadiah.

"Melalui pemberian bantuan secara langsung ke daerah terdampak bencana, bisa meringankan beban serta penderitaan para korban gempa Cianjur," katanya.

Finanto menambahkan, pihaknya mengajak badan usaha lainnya untuk ikut membantu korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, sehingga diharapkan daerah tersebut beserta seluruh warganya segera bangkit dan pulih.

Baca juga: Kepala BNPB: Warga Cianjur belum terima bantuan akan diusulkan

Baca juga: PLN Mengajar bantu pulihkan trauma anak-anak korban gempa Cianjur

Pewarta: Subagyo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023