Beijing (ANTARA) - Perdana Menteri China Li Keqiang bertemu Presiden sesi ke-77 Majelis Umum PBB (UNGA) Csaba Korosi di Beijing, Jumat.

Li mengatakan China siap bekerja dengan semua pihak untuk menegakkan tujuan dan prinsip Piagam PBB, hukum internasional, dan norma dasar yang mengatur hubungan internasional.

Hal itu sesuai pernyataan Presiden China Xi Jinping mengatakan China berkomitmen untuk multilateralisme dan menjaga sistem internasional dengan PBB sebagai intinya.

China akan tetap berkomitmen terhadap arah yang benar dari globalisasi ekonomi dan dunia multipolar serta menjaga perdamaian dan stabilitas dunia.

Sebagai salah satu anggota pendiri PBB dan anggota tetap Dewan Keamanan PBB, kata Li, China akan mendukung dan berpartisipasi secara aktif dalam pekerjaan PBB serta memperkuat koordinasi dan kerja sama di sejumlah bidang, seperti pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, sumber daya air, dan reformasi PBB, dan bersama-sama mengatasi tantangan global.

Li mengatakan China merupakan pembela dan partisipan dalam tatanan internasional yang ada serta penerima manfaat dan pendukung dari keterbukaan global.

"Sejauh apa pun lanskap internasional berubah, China akan tetap berkomitmen kuat terhadap jalur pembangunan yang damai, mematuhi kebijakan dasar negara tentang reformasi dan keterbukaan, mematuhi strategi keterbukaan yang saling menguntungkan, menjunjung tinggi nilai-nilai umum kemanusiaan tentang perdamaian, pembangunan, kesetaraan, keadilan, demokrasi, dan kebebasan," jelas Li.

Dia menambahkan China akan mengembangkan diri melalui pertukaran dan kerja sama internasional yang ekstensif serta memberikan peluang baru bagi perkembangan dunia.

Sementara itu, Csaba Korosi mengatakan PBB berharap dapat memperdalam persahabatan dan kerja sama dengan China untuk bersama-sama mengatasi krisis politik, ekonomi, ekologi, sumber daya air, dan kemanusiaan yang dihadapi dunia saat ini.

China juga berkomitmen mencapai pembangunan berkelanjutan dan memajukan reformasi berdasarkan mekanisme pengambilan keputusan yang bersifat ilmiah.

Korosi mengatakan PBB mengapresiasi dukungan China terhadap pekerjaan PBB dan berharap China akan terus memainkan peran yang lebih besar di berbagai bidang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023