Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah video beredar di media sosial Twitter menampilkan sekelompok orang seperti pasukan tempur di suatu bandar udara. Orang-orang berseragam dalam unggahan itu terlihat memasuki pesawat.

Unggahan itu diklaim sebagai tentara China yang sudah masuk Indonesia. Indonesia juga disebut bersiap kembali dijajah.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“Sudah terang2an pakai seragam militer? Gila ini beneran…. Tentara Cina sudah masuk Indonesia, tengah malam, untuk Apa.?!? Siap2 saja Anak Cucu dijajah Aseng, atau siap jadi Mata2 Cina / Pengkhianat bagi negeri ini!”

Namun, benarkah unggahan video tersebut merupakan tentara China tiba di Indonesia?

Unggahan video hoaks yang menyatakan pasukan tentara China tiba di Indonesia. Faktanya, Maskapai Lion Air mengatakan video tersebut merupakan pasukan Brimob Polri yang ditugaskan ke Papua. (Twitter)
Penjelasan:
ANTARA menemukan video serupa dengan unggahan di Twitter itu terdapat pula di YouTube dengan keterangan "Brimob Satgas Ke Papua".

Dalam video itu, tampak sekelompok personel Brimob Polri menurunkan barang dari truk berlabel "Brimob" dan memasukkan barang-barang ke pesawat Lion Air.

Sementara, Divisi Humas Mabes Polri, dalam unggahan di Instagram mereka, mengklarifikasi video yang beredar di media sosial itu bukanlah pasukan China, melainkan personel Brimob.

"Faktanya konten tersebut merupakan video pasukan Brimob Polri yang baru selesai melaksanakan tugas dalam Operasi Satgas Damai Cartenz di Papua," demikian penjelasan Divisi Humas Mabes Polri, pada unggahan Sabtu, 4 Februari 2023.

Dengan demikian, klaim unggahan yang menyatakan sebagai video tentara China tiba di Indonesia merupakan kabar bohong atau hoaks.

Klaim: Video tentara China tiba di Indonesia
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video TKA China melakukan unjuk rasa

Cek fakta: Misinformasi! Pemerintah cetak ribuan KTP WNA China untuk Pemilu 2024

Baca juga: Ekspor Indonesia ke China meningkat 25,4 persen

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023