Lisbon (ANTARA) - Portugal akan mengirim  kendaraan tempur tank Leopard 2 ke Ukraina, kata Perdana Menteri Antonio Costa pada Sabtu, tanpa merinci berapa banyak yang akan dikirim.

Costa menambahkan, Portugal sedang berbicara dengan Jerman untuk mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan untuk memperbaiki sejumlah tank Leopard yang rusak dalam inventaris senjata Portugal.

"Kami sedang berupaya untuk dapat mengeluarkan beberapa tank kami," kata Costa kepada Kantor Berita Lusa dalam perjalanan ke Republik Afrika Tengah. "Saya tahu berapa banyak tank yang akan (dikirim ke Ukraina) tetapi itu akan diumumkan pada waktu yang tepat."

Kantor PM Costa belum membalas permintaan komentar dari Reuters.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Portugal, Laksamana Antonio da Silva Ribeiro, bulan lalu mengatakan Portugal memiliki 37 tank Leopard 2 tetapi media lokal melaporkan bahwa sebagian besar dari tank tersebut tidak dapat dioperasikan.

Maka dari itu, kata PM Costa, Portugal bekerja sama dengan Jerman untuk mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan untuk memperbaiki tank yang rusak, dan dia berharap tank Leopard 2 sudah dapat dikirim ke Ukraina pada akhir Maret.

Kementerian Pertahanan mengatakan pihaknya tidak akan berbicara soal "keandalan sistem senjata dan peralatan" karena alasan keamanan.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan awal pekan ini negara itu akan menerima 120 hingga 140 tank dalam gelombang pertama pasokan tank tempur dari koalisi 12 negara Barat.

Kiev mengenggam janji Barat untuk mendapat pasokan tank tempur utama (MBT) untuk membantu melawan invasi besar-besaran Rusia, di tengah Moskow meningkatkan upaya untuk membuat kemajuan bertahap di Ukraina timur.

Sebelumnya, menurut laporan Reuters pada Kamis (19/1), Ukraina meminta negara-negara barat sekutunya untuk segera mengirimkan tank dan sistem pertahanan udara untuk membantu pasukan Ukraina melawan Rusia.

Negara-negara barat sekutu Ukraina bertemu di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman, Jumat (20/1), untuk meminta Jerman mengizinkan tank Leopard 2 dipasok ke Kiev untuk membantu melawan pasukan Rusia.

Sumber: Reuters
Baca juga: Tentara Rusia dijanjikan imbalan jika bisa hancurkan tank Barat
Baca juga: Brazil tolak permintaan Jerman untuk kirim amunisi tank ke Ukraina
Baca juga: Selain Leopard, Polandia juga akan kirim 60 tank PT-91 ke Ukraina

Penerjemah: Kenzu Tandiah
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023