Pontianak (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro memastikan keamanan pada puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang dan sejumlah daerah di wilayah Kalimantan Barat.

"Sampai saat ini situasi aman, saya mengajak semua pihak untuk mensukseskan puncak perayaan Cap Go Meh dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta kenyamanan," kata Irjen Pol Suryanbodo Asmoro, di Pontianak, Minggu.

Diketahui puncak perayaan Cap Go Meh yaitu Minggu (5/2) hari ini yang merupakan tanda diakhirinya perayaan Tahun Baru Imlek Tahun 2023.

Disampaikan Suryanbodo, untuk memastikan keamanan dan ketertiban perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang, dirinya telah meninjau langsung untuk melakukan pengecekan persiapan pengamanan puncak Cap Go Meh terutama pada Pos Pengamanan Operasi Liong Kapuas, Sabtu (4/2) kemarin.

Bahkan dia juga sempat memantau langsung kegiatan masyarakat Singkawang khususnya para Tatung yang melakukan ibadah pembersihan di Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya dan Kelenteng Thai Pak Kung yang merupakan salah satu Kelenteng terbesar di Singkawang.

Menurutnya, dalam perayaan Cap Go Meh di Singkawang banyak wisatawan yang sengaja datang ingin menyaksikan Cap Go Meh, baik itu wisatawan domestik mau pun mancanegara.

Oleh karena itu, pria berpangkat bintang dua itu mengajak seluruh elemen masyarakat dan juga para wisatawan untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban, kenyamanan serta kebersihan Kota Singkawang.

"Mari kita sukseskan perayaan Cap Go Meh dengan saling menjaga keamanan dan ketertiban, Cap Go Meh di Singkawang itu akan disaksikan seluruh dunia melalui pemberitaan media, tentu akan menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat," katanya.
 
Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro melakukan pengecekan persiapan pengamanan puncak perayaan Ca Go Meh di Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (4/2/2023). ANTARA/HO-Humas Polda Kalbar. (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023