Jakarta (ANTARA) - Binawan Group berkolaborasi dengan Universitas Advent Indonesia (UNAI) Bandung menggelar program "Career Talks dan Walk in Interview" hari ini di Ruang NACB Lantai 4, Bandung, Jawa Barat.

Presiden Direktur Binawan Group, Said Saleh Alwaini dalam keterangannya pada Minggu menyampaikan program gelar wicara dan wawancara langsung tersebut dapat memberikan kesempatan dan peluang yang besar untuk para lulusan dan alumni perawat dan bidan Indonesia memiliki jenjang karir dalam skala internasional.

"Selain walk in interview, Binawan akan membuka acara dengan program 'Career Talks' yang bertujuan untuk memberikan motivasi serta informasi lengkap kepada perawat dan bidan di Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri," katanya.

Kegiatan ini dibuka untuk umum, perawat dan bidan di luar dari Universitas Advent Indonesia bisa hadir.

Binawan Inti Utama melakukan kerjasama untuk merekrut tenaga kesehatan yang berminat untuk bekerja di luar negeri dan memberikan pelatihan untuk memenuhi standar internasional yang dipersyaratkan. Para tenaga kesehatan yang berminat harus mengikuti persiapan berupa kursus bahasa asing, matrikulasi kompetensi keperawatan, pelatihan berbagai spesialisasi khusus sesuai standardisasi yang dipersyaratkan oleh lembaga pelayanan kesehatan luar negeri.

Di samping berbagai pelatihan tersebut, para perawat diwajibkan mengikuti tes lisensi tenaga kesehatan. Terkait hal itu Binawan juga menyelenggarakan persiapan untuk menghadapi tes.

Dalam hal penempatan kerja tenaga kesehatan Indonesia ke luar negeri, Binawan tidak sendiri. Program ini tentunya akan terlaksana dengan dukungan penuh dari berbagai pemangku kepentingan salah satunya dalam bidang pendidikan.

Saat ini, WHO menyatakan kebutuhan tenaga kesehatan, terutama perawat dan bidan, secara global menyentuh angka 6 juta orang. Pada 2030, International Council of Nurses memperkirakan 13 juta perawat akan dibutuhkan untuk mengisi kebutuhan perawat skala global.

Baca juga: Binawan berangkatkan 22 nakes ke Kuwait

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023