Jakarta (ANTARA/JACX) – Mendekati Pemilihan Umum 2024, wacana tentang calon presiden yang diusung partai-partai politik makin sering muncul di ruang-ruang informasi publik, terutama ruang digital.

Nuansa demokrasi pun muncul dari kelompok-kelompok masyarakat dengan memberikan dukungan kepada calon tertentu, termasuk dukungan perpanjangan masa jabatan presiden saat ini.

Salah satunya, unggahan video di Twitter yang diklaim menampilkan narasi dukungan jabatan tiga periode untuk Presiden Joko Widodo.

Video tersebut memperlihatkan Presiden Jokowi berada dial atas sebuah panggung dengan latar tulisan ‘Berbeda Bersatu’.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“Deklarasi tambah 1 Periode lagi ini di Hadiri Langsung Oleh Presiden RI Joko Widodo, dan kelihatannya beliau senang sekali.”

Namun, benarkah video tersebut merupakan video deklarasi dukungan jabatan 3 periode untuk Presiden Jokowi?

Unggahan video yang dinarasikan sebagai deklarasi Jokowi menjadi presiden 3 periode. Faktanya, video tersebut merupakan video deklarasi jelang Pemilu 2019. (Twitter)
Penjelasan:
ANTARA menemukan potongan video serupa dengan unggahan di Tempo berjudul ‘Jokowi ke Alumni Pangudi Luhur: Kok Dukung Saya?’.

Artikel tersebut diunggah pada Februari 2019, ketika Joko Widodo menjadi salah satu calon presiden pada Pemilu 2019.

Jokowi, sebagaimana tampak pada video itu, menerima cinderamata berupa sapu lidi dari perwakilan Alumni Pangudi Luhur BerSATU di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta, pada 6 Februari 2019.

Sebagian Alumni Sekolah Menengah Atas Pangudi Luhur Jakarta mendeklarasikan dukungan kepada Calon Presiden Joko Widodo atau pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Dengan demikian, unggahan video tersebut bukanlah menunjukkan deklarasi dukungan jabatan tiga periode untuk Presiden Jokowi.

Unggahan di Twitter itu termasuk kategori kabar menyesatkan atau disinformasi.


Klaim: Deklarasi 3 periode Presiden Joko Widodo
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Kalimantan tolak kedatangan Jokowi, IKN terancam gagal

Cek fakta: Hoaks! Video tentara China tiba di Indonesia

Baca juga: Jokowi taat konstitusi dan kehendak rakyat soal wacana tiga periode

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023