Kupang (ANTARA) - Desa wisata Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapatkan penghargaan pada kategori ASEAN Community Based Tourism Award pada gelaran ASEAN Tourisme Forum 2023.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina saat dihubungi dari Kupang, Senin sore menyampaikan selamat dan apresiasinya atas penghargaan yang disabet oleh desa wisata Wae Rebo.

“Selamat dan apresiasi Wae Rebo selangkah lagi masuk ke kancah internasional,” katanya terkait penghargaan yang diraihnya bersama dengan empat desa wisata lainnya di Indonesia.

Shana mengatakan bahwa saat ini kualitas dari Wae Rebo sendiri tidak bisa diragukan lagi sekarang, apalagi dengan diperolehnya penghargaan tersebut.

Baca juga: Desa wisata Wae Rebo, surga wisata di atas awan yang patut dikunjungi

Justru sudah saatnya menularkan kearifan lokal dan tradisi yang terjaga di kampung unik tersebut kepada lebih banyak wisatawan baik domestik dan mancanegara kedepannya.

“Sehingga mampu menjadi pusat edukasi kebudayaan Manggarai yang hidup selaras dengan alam,” tegas dia.

Shana juga mengatakan penghargaan tersebut sebagai apresiasi bahwa telah diakui di kelompok negara ASEAN, serta mendorong agar Wae Rebo makin giat berbenah ke depannya.

Karena ke depan tentunya peningkatan kualitas dan standar pelayanan ASEAN sehingga makin siap dipasarkan secara internasional.

Karena itu Shana mengimbau kepada masyarakat yang memiliki desa wisata agar menjadikan desa wisata sebagai keunikan wisata di NTT.

Tidak hanya indah, tapi menjadi substansi kualitas keberagaman kebudayaan yang luar biasa. Selain itu juga harus semangat membangun desa untuk melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan.

Baca juga: BOPLBF ajak masyarakat desa wisata Wae Rebo NTT lakukan Gerakan BISA
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023