Simpang Empat,- (ANTARA) -
Seekor buaya sepanjang lima meter ditangkap oleh masyarakat Mandiangin, Nagari Katiagan, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.
 
Camat Kinali Saparuddin di Simpang Empat, Selasa, mengatakan buaya itu diamankan, Senin (6/1) pagi oleh warga. Pihaknya masih menunggu evakuasi dari tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat.
 
“Buaya itu kondisinya dalam keadaan hidup, namun sudah diikat oleh warga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” katanya.
 
Ia mengatakan penangkapan buaya itu berawal dengan kecemasan masyarakat akibat seringnya buaya tersebut muncul ke dekat pemukiman warga.

Baca juga: Tim Basarnas Pasaman lanjutkan pencarian korban diterkam buaya

Baca juga: Seekor buaya panjang empat meter ditangkap di Pasaman Barat
 
"Warga setempat takut kalau nantinya buaya ini memangsa warga atau binatang ternak lainnya hingga akhirnya diputuskan untuk ditangkap dan diserahkan kepada pihak BKSDA," katanya.
 
Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas di dekat habitat buaya agar tidak terjadi konflik antara manusia dan sang predator ini.
 
Sementara itu Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono membenarkan ada penanganan konflik buaya dengan masyarakat di Kecamatan Kinali.
 
"Kondisi satwa sepanjang lima meter dengan lebar perut 70 centimeter sudah diamankan warga dan untuk evakuasi, warga bersedia membantu menyiapkan truk," katanya.
 
Pihaknya belum bisa memastikan keadaan kesehatan dari buaya yang diamankan langsung oleh warga tersebut.
 
"Untuk keadaan kesehatannya belum dicek secara keseluruhan dan saat ini buaya akan kita bawa dulu untuk dilakukan pengecekan,” katanya.
 
Ia mengatakan buaya tersebut belum akan dilepas di daerah Pasaman Barat, karena mendapat penolakan dari warga sekitar.
 
"Untuk lokasi pelepasan yang biasanya kita pilih sudah dijaga oleh warga. Hasil rapat bersama warga tidak menginginkan buaya tersebut dilepaskan di daerah Pasaman Barat karena telah memakan korban," katanya.*

​​​​Baca juga: Korban diterkam buaya di Pasaman Barat ditemukan meninggal dunia
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023