kedua pasien sudah menjalani perawatan di Jakarta selama lima bulan, yakni M Nafis sudah menjalani operasi secara medis dan tim dokter menyatakan sudah boleh kembali ke Aceh.
Banda Aceh (ANTARA) - Anggota DPR RI asal Aceh Teuku Riefky Harsya kembali memulangkan dua pasien anak bocor jantung asal Gampong Gue Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar setelah menjalani pengobatan di RS Jantung Harapan Kita Jakarta.

"Keduanya difasilitasi ke Jakarta untuk transportasi dan akomodasi oleh Teuku Riefky Harsya sejak September 2022, dan kini sudah dipulangkan," kata Tenaga Ahli Teuku Riefky Harsya Aidil Mashendra, di Banda Aceh, Selasa.

Pasien yang dibawa pulang adalah Muhammad Nafis Almaulidi (3) dengan gejala pembuluh darah ke jantung terbalik sudah menjalani operasi, kemudian adiknya Ahmad Fawwas Zarkasyi (20 bulan) masih menjalani observasi dan belum dilakukan tindakan operasi.

Pasien tersebut didiagnosis mengalami penyakit ASD (Atrial Septal Defect) dan VSD (Ventricular Septal Defect) atau yang lebih dikenal sebagai jantung bocor merupakan penyakit jantung bawaan.

Aidil mengatakan, kedua pasien tersebut sudah menjalani perawatan di Jakarta selama lima bulan, yakni M Nafis sudah menjalani operasi secara medis dan tim dokter menyatakan sudah boleh kembali ke Aceh.

Meskipun M Nafis sudah menjalani operasi, namun perkembangannya akan terus diawasi oleh dokter dari Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

“Masih harus terus diawasi perkembangannya, karena operasi pertama sudah dijalani di Jakarta, nantinya jika menurut tim dokter RSUDZA baik akan dilaksanakan operasi tahap kedua,” ujarnya.

Aidil menambahkan, saat ini masih ada dua orang pasien lagi yang sedang menjalani perawatan di Jakarta, pihaknya belum bisa memastikan kapan kedua pasien tersebut bisa dibawa pulang lagi ke Aceh.

”Ada dua orang lagi yang sedang menjalani perawatan di Jakarta, dan dalam waktu dekat kita juga akan membawa dua orang lagi ke Jakarta untuk menjalani pengobatan di sana,” katanya.

Aidil menambahkan, secara keseluruhan sejauh ini masih ada 33 pasien bocor jantung yang sudah masuk dalam jadwal antrean untuk menjalani pengobatan di Jakarta untuk difasilitasi Teuku Riefky Harsya.

Aidil menambahkan, jika ada masyarakat Aceh melihat atau mendapatkan informasi terkait anak mengalami penyakit jantung dapat melaporkan langsung kepada tim Teuku Riefky Harsya di Aceh untuk kemudian di survey dan diberikan pengobatan gratis.

“Bagi yang melihat atau mengetahui bisa melaporkan kepada kami, kita akan lakukan survey dan akan lakukan pengobatan ke Jakarta,” demikian Aidil.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023