Ekonomi Kalbar pertumbuhannya terjadi pada sebagian besar lapangan usaha.
Pontianak (ANTARA) - Ekonomi Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) kembali pulih pascapandemi COVID-19, berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022, mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (YoY).

"Ekonomi Kalbar triwulan IV-2022 dibanding triwulan IV-2021 atau Year on Year mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen," ujar Kepala BPS Kalbar Moh. Wahyu Yulianto, di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan ekonomi Kalbar pertumbuhannya terjadi pada sebagian besar lapangan usaha.

Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan di atas 10 persen adalah transportasi dan pergudangan sebesar 14.44 persen, jasa pendidikan sebesar 14,33 persen, pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 12,39 persen, dan informasi dan komunikasi sebesar 10,42 persen.

"Sedangkan lapangan usaha yang mengalami kontraksi adalah pertambangan dan penggalian terkontraksi sedalam 28,93 persen," kata dia pula.

Sementara ekonomi Kalbar dilihat dari pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dialami oleh komponen tertinggi yakni Pengeluaran Konsumsi Lembaga Nonprofit yang Melayani Rumah Tangga (PK-LNPRT) tumbuh sebesar 19,11 persen.

Kemudian diikuti oleh komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) tumbuh sebesar 3,52 persen. Selanjutnya komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PK-RT) tumbuh sebesar 2,93 persen.

"Sedangkan komponen yang mengalami kontraksi cukup dalam, yaitu komponen ekspor barang dan jasa sebesar 21,13 persen dan komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (PK-P) yang terkontraksi sedalam 6,64 persen," katanya pula.

Guru Besar Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak Prof Eddy Suraman MA mengatakan bahwa dengan pertumbuhan ekonomi Kalbar di angka 5 persen menunjukkan mulai pulih dan dalam keadaan normal.

"Jadi 2022 Kalbar sudah memasuki dalam kondisi normal atau mirip dengan sebelum pandemi COVID-19. Untuk 2023 meskipun tantangan masih banyak di depan mata yakni ekonomi global dan lainnya, namun diproyeksikan masih tumbuh tidak jauh beda dari tahun ini dan masih di kisaran 5,6 persen," kata dia lagi.
Baca juga: Erick Thohir: Kalbar Potensial jadi pusat pertumbuhan ekonomi
Baca juga: 70 persen perkembangan ekonomi Kalbar di sumbang dari UMKM

Pewarta: Dedi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023