Garuda Indonesia bersiap mengawali debut Pesawat CRJ1000 NextGen di Kawasan Asia Pasifik

     MONTREAL, QUEBEC, Oct 15, 2012 - (ANTARA) - Bombardier Aerospace telah mengantarkan pesawat pertama dari enam jet regional CRJ1000 NextGen yang dipesan oleh PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, yang merupakan klien bagi peluncuran pesawat ini di kawasan Asia Pasifik. Perusahaan penerbangan nasional Indonesia ini juga bermaksud mengoperasikan 12 pesawat CRJ1000 NextGen tambahan melalui perjanjian sewa pihak ketiga dan memegang opsi atas 18 lagi pesawat jenis yang sama.

     Garuda Indonesia pada upacara serah terimanya, yang diselenggarakan di fasilitas Bombardier di Mirabel, Quebec, diwakili oleh Kapten Agus Wahjudo, Manajer Proyek Eksekutif, Garuda Indonesia.

     "Pesawat CRJ1000 NextGen sudah memiliki reputasi sebagai pesawat yang super ekonomis, luar biasa hemat bahan bakar, dan kenyamanan penumpang yang lebih baik, sehingga menempatkannya sebagai pesawat penumpang yang tepat bagi ekspansi jaringan dan pelayanan baru kami untuk pasar berkembang," kata Emirsyah Satar, Presiden dan Chief Executive Officer, Garuda Indonesia. "Dengan senang hati kami menambahkannya pada armada kami dan menjadi maskapai pertama yang memperkenalkan pesawat tersebut di kawasan Asia Pasifik".

     "Kawasan Asia-Pasifik merupakan pasar yang sangat penting bagi Bombardier. Berbagai pusat kegiatan dan kota yang berkembang di kawasan ini, seperti Indonesia, diperkirakan akan menjadi gerbang untuk membuka rute baru dalam waktu yang sangat dekat ini," kata Torbjorn Karlsson, Wakil Presiden, Penjualan Asia Pasifik, Bombardier Commercial Aircraft. "Kami sangat senang melihat armada CRJ1000 NextGen hadir di kawasan ini dan menjadi yang tercepat dalam pelayanan yang efisien bagi pasar bertumbuh yang terpusat di sekitar pasangan kota yang berkembang.

     "Kami sangat menghargai hubungan baru kami dengan Garuda dan yakin bahwa hubungan ini akan terus bertumbuh dan bertahan lama," tambah Mr. Karlsson.

     Lebih dari 300 pesawat komersial Bombardier CSeries, CRJ, dan Q-Series sedang dipesan, atau saat ini sudah beroperasi di kawasan Asia Pasifik. Bombardier memperkirakan bahwa kawasan Asia Pasifik, termasuk Cina, akan menerima pengiriman hampir 4.000 pesawat terbang dalam kategori 20 sampai 149 kursi dalam dua puluh tahun ke depan.

     Bombardier telah mencatat total pesanan yang tegas untuk 1.735 pesawat CRJ Series, dengan 1.666 pesawat sudah dikirim hingga 30 Juni 2012. Di seluruh dunia, pesawat CRJ Series sudah digunakan oleh lebih dari 60 maskapai dan telah mencatat lebih dari 34 juta jam terbang dan 28 juta siklus take off dan landing. Selain pengoperasian oleh maskapai penerbangan, lebih dari 30 pelanggan juga mengoperasikan varian korporat dari pesawat CRJ Series.

     Pesawat CRJ1000 NextGen

     Dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan maskapai penerbangan di pasar regional berfrekuensi tinggi, pesawat CRJ1000 NextGen mencapai biaya operasional tunai terendah per mil dan per kursi bagi operator di segmen pasarnya, sekaligus memberikan jangkauan ekstra, kehandalan yang luar biasa, dan jejak yang lebih hijau. Pesawat CRJ1000 NextGen memberikan konsumsi bahan bakar terendah per kursi dibandingkan semua pesawat regional yang tengah diproduksi dan pesawat berbadan sempit dengan tempat duduk kurang dari 130 kursi. Pesawat CRJ NextGen menyediakan lingkungan penumpang yang luar biasa dengan interior baru yang dilengkapi ruang bagasi atas penumpang yang lebih lapang, jendela yang lebih besar, pencahayaan kabin yang lebih baik, dan panel langit-langit serta dinding samping yang berdesain ulang.

     Tentang Garuda Indonesia

     Garuda Indonesia didirikan pada bulan Januari 1949. Berbasis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di dekat Jakarta, Garuda memiliki armada sebanyak 92 pesawat komersial yang melayani 31 tujuan domestik dan 19 internasional.

     Tentang Bombardier

     Bombardier adalah satu-satunya pabrik pembuat pesawat terbang dan sekaligus kereta api di dunia. Memandang jauh ke depan sementara membuat produk pada saat ini, Bombardier mengevolusi mobilitas di seluruh dunia dengan menjawab kebutuhan akan transportasi yang lebih efisien, berkelestarian, dan menyenangkan di mana pun. Kendaraan, pelayanan, dan yang terutama, karyawan kami adalah yang membuat kami menjadi pemimpin global dalam bidang transportasi.

     Bombardier berkantor pusat di Montreal, Canada. Saham kami diperdagangkan di Toronto Stock Exchange (BBD) dan kami terdaftar pada indeks Dow Jones Sustainability World and North America. Dalam tahun fiskal yang berakhir tanggal 31 Desember 2011, kami memperoleh penghasilan sebesar $18,3 miliar USD. Berita dan informasi tersedia di bombardier.com atau ikuti kami di Twitter@Bombardier.

     Catatan untuk editor

     Foto pesawat CRJ1000 NextGen dalam 'kostum' Garuda Indonesia dan foto upacara pengiriman diposting bersama siaran pers ini di www.bombardier.com dan di www.flickr.com/photos/bombardieraerospace/sets/72157627852530407/detail/

     Video tersedia di http://youtu.be/20LWe2SEVso

     Informasi tambahan mengenai pesawat CRJ NextGen tersedia di: www.crjnextgen.com.

     Ikuti @Bombardier_Aero di Twitter untuk mendapatkan berita terkini dan pembaruan informasi dari Bombardier Aerospace.

     Kunjungi pusat berita "one stop" Bombardier Commercial Aircraft' untuk mendapatkan berita, informasi produk, video, foto, dan kegiatan media sosial: http://Press.CommercialAircraft.Bombardier.com

     Bombardier, CRJ, CRJ1000, NextGen dan The Evolution of Mobility adalah merek dagang dari Bombardier Inc. atau anak perusahaannya.

     Kontak:
     Marc Duchesne
     Bombardier Commercial Aircraft
     +1-416-375-3030
     www.bombardier.com

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012