Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (8/2), mulai dari Presiden Joko Widodo memerintahkan TNI dan Polri jaga hilirisasi sumber daya alam hingga Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri tahun 2023 yang salah satunya membahas tentang pengamanan Pemilu 2024.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Presiden perintahkan TNI-Polri jaga hilirisasi sumber daya alam

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan TNI dan Polri untuk menjaga keberlangsungan hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam di dalam negeri.

“Tugas TNI, Polri adalah menjaga agar namanya industrialisasi, hilirisasi itu berjalan dengan baik di lapangan, tidak terjadi gangguan-gangguan,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan setelah menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2023 di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Rapim TNI-Polri bahas kesiapan pengamanan Pemilu 2024

Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri tahun 2023 yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu membahas berbagai hal terkait tugas pokok dan fungsi terkait kedua lembaga keamanan tersebut, salah satunya tentang pengamanan Pemilu 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo. Selain pengamanan Pemilu, juga dibahas terkait dukungan Polri terhadap agenda strategis nasional tahun 2023.

Selengkapnya baca di sini.

3. Dewan Pers: Kita harus kembangkan pers bebas bertanggung jawab

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu menyampaikan, sebagaimana arahan dari Presiden RI Joko Widodo, seluruh insan pers dan para pihak terkait harus mengembangkan pers Tanah Air menjadi pers yang memiliki kebebasan dan bertanggung jawab.

"Saat Dewan Pers bertemu Bapak Presiden Joko Widodo dan menyinggung soal kebebasan pers, Presiden mengatakan pers kita sudah begitu bebasnya saat ini. Ada satu yang kurang, kata Presiden. Apa itu? Tanggung jawab pers. Saat ini, kita harus mengembangkan pers yang bebas dan bertanggung jawab," ujar Ninik dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Panglima TNI akan kirim pasukan evakuasi pilot-penumpang Susi Air

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan akan mengirim pasukan untuk mengevakuasi pilot dan penumpang Susi Air setelah pembakaran pesawat maskapai itu di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/2) kemarin.

Panglima juga membantah kabar bahwa pilot Susi Air yang diketahui berkebangsaan Selandia Baru tersebut disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya yang dinyatakan telah bertanggung jawab atas peristiwa pembakaran pesawat tersebut.

Selengkapnya baca di sini.

5. KSP berkomitmen kawal pengelolaan residu konflik Pulau Haruku

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan pihaknya berkomitmen untuk terus mengawal pengelolaan residu konflik sosial di Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Ia memastikan bahwa pemerintah akan keberlanjutan memproses rehabilitasi dan rekonsiliasi masyarakat pascaproses pemulangan pengungsi Kariuw.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023