Beijing (ANTARA) - BEIJING, 8 Februari (Xinhua) -- Observatorium nasional China pada Rabu (8/2) malam waktu setempat kembali mengeluarkan peringatan biru untuk cuaca buruk, memperkirakan badai salju akan melanda beberapa bagian di daerah utara dan barat laut negara tersebut.

Dari Rabu pukul 20.00 hingga Kamis (9/2) pukul 20.00 waktu setempat, salju lebat diperkirakan akan turun di sejumlah daerah di Mongolia Dalam, Shaanxi, Shanxi, Hebei, dan Beijing, menurut Pusat Meteorologi Nasional China.

Badai salju diperkirakan akan melanda beberapa area di Shanxi, dan beberapa lokasi kemungkinan akan mengalami hujan salju setebal lebih dari 10 sentimeter, papar pusat itu.

Otoritas setempat di sejumlah daerah terdampak disarankan untuk melakukan persiapan guna menghadapi kerusakan akibat badai salju dan embun beku, sementara departemen transportasi, kelistrikan, dan komunikasi harus menginspeksi jalan raya, rel dan jalur kereta api, serta melaksanakan pembersihan dan menyingkirkan lapisan es (de-icing) pada jalan raya.

Pusat tersebut menganjurkan kepada para pengemudi agar berhati-hati dan menggunakan peralatan antislip pada kendaraan mereka, dan juga mengimbau area-area pertanian dan pastoral serta industri peternakan agar menyimpan pakan cadangan.

China menerapkan sistem peringatan cuaca empat tingkat berkode warna, dengan warna merah mewakili kondisi cuaca terburuk, diikuti oleh oranye, kuning, dan biru. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023