Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mendorong kota-kota besar di luar Jakarta mulai mengembangkan transportasi massal, seperti Mass Rapid Transit (MRT) atau Light Rail Transit (LRT), serta bus antarkota dan antarpulau guna mencegah terjadinya kemacetan di jalan.

"Kami harapkan kota-kota besar di luar Jakarta harus mulai berpikir ke arah LRT, MRT dan moda transportasi massal yang lainnya. Kalau tidak, kedahuluan macet, jalan tidak bisa dilebarkan, akhirnya semua orang akan sangat tergantung pada yang namanya kendaraan pribadi," kata Jokowi dalam sambutannya saat meresmikan Terminal Amplas Kota Medan dan Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematang Siantar di Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Baca juga: Jokowi akan tinjau pasar dan resmikan terminal setelah hadiri HPN

Jokowi mengatakan kemacetan saat ini tidak hanya terjadi di Jakarta, namun juga di kota-kota besar lain di luar Jakarta, seperti Medan, Bandung, Surabaya, dan Makassar.

Oleh karena itu, dia selalu mendorong masyarakat menggunakan transportasi massal, baik itu bus antarkota, bus antarpulau, maupun transportasi massal lainnya.

"Jakarta sudah kita mulai MRT, sebentar lagi LRT jadi, sebentar lagi kereta cepat antarkota Jakarta-Bandung juga selesai," ujar Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, dia pun berharap pembangunan Terminal Amplas di Medan dan Terminal Tanjung Pinggir di Pematang Siantar bisa meningkatkan budaya masyarakat menggunakan transportasi bus.

Baca juga: Jokowi minta perpres keberlanjutan media rampung dalam sebulan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023