Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin mengapresiasi komitmen pemerintah terkait hilirisasi industri di Indonesia.

“Peta jalan hilirisasi industri komoditas yang komprehensif dan terintegrasi merupakan kebutuhan yang sangat mendesak disiapkan oleh pemerintah, dalam meningkatkan nilai tambah komoditas unggulan ekspor Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan Sultan terkait peta jalan atau road map hilirisasi hingga 2040 memprioritaskan 21 komoditas dari delapan sektor, tidak hanya pada nikel dan bauksit. Ke-21 komoditas tersebut merupakan bagian dari delapan sektor prioritas untuk dilakukan hilirisasi, yaitu sektor mineral, minyak bumi, perkebunan, perikanan, batu bara, gas bumi, kelautan, kehutanan.

"Kami sangat mengapresiasi kinerja Kementerian Investasi dengan terobosan hilirisasi yang baru saja rampung," ujarnya.

Dia menjelaskan road map tersebut menjadi panduan bagi pemerintah dan para calon investor dalam menetapkan kebijakan investasi. Sultan optimistis target investasi dan pembukaan lapangan pekerjaan dengan sendirinya akan meningkat.

Selain itu, Sultan berharap pemerintah daerah dapat terlibat secara optimal mendukung hilirisasi sehingga memberikan manfaat ekonomi masyarakat secara signifikan.

“Harapannya semua target road map hilirisasi akan tercapai secara terarah, terukur dan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat. Dan hal itu dapat tercapai jika semua pihak dapat dilibatkan secara proporsional, khususnya pemerintah daerah," katanya.

Pemerintah daerah, lanjut Sultan, harus diberikan ruang kolaborasi dan partisipasi dalam perjalanan hilirisasi komoditas ini. Hal itu tidak boleh diabaikan, jangan sampai ada celah yang menghambat proses hilirisasi komoditas di daerah.

“Karena daerah merupakan ujung tombak dalam upaya meningkatkan investasi dan pelayanan publik," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan komitmen pemerintah melakukan hilirisasi industri yang merupakan salah satu wujud transformasi ekonomi di Indonesia.

Baca juga: Presiden perintahkan TNI-Polri jaga hilirisasi sumber daya alam

Baca juga: Menperin: Hilirisasi dan belanja produk lokal kunci pertumbuhan

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023