mari wujudkan Lansia Sehat, Kuat, Hebat di usia senja
Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, bersama Yayasan Akar Cinta Kasih dan Yayasan Kitabisa menggelar program Lansia Movement 2023 yang diisi dengan berbagai kegiatan bagi 100 lansia yang hadir dalam acara tersebut.

Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara saat menghadiri Lansia Movement 2023 di Denpasar, Sabtu, mengatakan perhatian kepada para lansia sangatlah perlu diberikan.

"Hal ini sebagai bentuk dukungan untuk kesehatan fisik dan juga kesehatan mental para lansia. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara atas diadakannya kegiatan ini, dan juga kepada Bapak/Ibu lansia yang telah hadir," ujarnya.

Program Lansia Movement 2023 ini dirangkaikan dengan beberapa macam kegiatan antara lain penyerahan secara simbolis bantuan lima kursi roda oleh pihak penyelenggara kepada pihak K3S Kota Denpasar dan juga Dinas Sosial.

Ada juga 15 paket bantuan berisikan sembako kepada para lansia yang masuk kategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial, serta bingkisan kepada lansia yang hadir.

Baca juga: K3S Denpasar serahkan bantuan kursi roda untuk para lansia
Baca juga: K3S Denpasar-Bali berbagi kasih pada lansia dan penyandang disabilitas

Sagung Antari mengatakan, kegiatan juga diisi dengan kegiatan bincang yang dikemas dalam bentuk talk show yang banyak membahas soal kesehatan mental dan juga fisik para lansia.

Selain itu diisi dengan senam dan yoga serta pengecekan kesehatan bagi para lansia.

Sagung Antari berharap program seperti ini tidak hanya terhenti sampai di sini karena masih banyak kalangan lansia yang membutuhkan bantuan melalui program serupa.

"Mudah-mudahan kegiatan serupa bisa tetap diselenggarakan secara berkelanjutan dan merata di Kota Denpasar. Saya juga berharap, Bapak/Ibu bisa menjadi motivator bagi para lansia lainnya. Mari wujudkan Lansia Sehat, Kuat, Hebat di usia senja," kata istri Wali Kota Denpasar ini.

Baca juga: PKK Bali salurkan 3 ton beras untuk lansia dan ibu hamil di Denpasar
Baca juga: Pemkot Denpasar tingkatkan santunan lansia telantar

Sementara itu Ketua Yayasan Akar Cinta Kasih Anak Agung Raka menyampaikan sebagai sebuah organisasi non-profit yang berdiri sejak 2020, pihaknya begitu antusias berfokus mewujudkan kesehatan masyarakat melalui program-program yang diadakan.

"Pada kegiatan Lansia Movement 2023 ini kami didukung oleh pihak Yayasan Kitabisa, Dinsos Kota Denpasar, dan juga DPD LPM Kota Denpasar dan pihak terkait lainnya. Landasan dasar dari program ini sendiri adalah untuk mendukung kesehatan mental para lansia," ujarnya.

Turut hadir di tengah kegiatan yang diadakan di Youth Park kawasan Taman Kota Lumintang itu, Ketua GOW Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Ida Ayu Widnyani Wiradana serta Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty.

Baca juga: Mensos keluarkan SE larang eksploitasi lansia untuk mengemis

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023