Tidak gampang mengelola jumlah yang besar ini, tapi ini menjadi pesan yang jelas bahwa UMKM harus didukung
Pekanbaru (ANTARA) - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia berjanji siap mendukung ekspor komoditas yang diproduksi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Riau melalui berbagai upaya.

Hal itu disebutkan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat meninjau dan bincang-bincang dengan pelaku UMKM Sentra Budaya Ekonomi Kreatif (Ekraf) Melayu Riau binaan Pertamina Hulu Rokan di Kota Pekanbaru, Sabtu.

Disebutkan Jerry, pihaknya siap mendukung melalui semua instrumen yang dimiliki Kementerian Perdagangan, baik melalui pelatihan, business matching, hingga ekspor untuk perdagangan luar negeri.

UMKM merupakan salah satu sektor yang terus memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5 persen dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

"UMKM adalah pilar perdagangan. Luar biasa di sini ada 800 UMKM yang dibina. Tidak gampang mengelola jumlah yang besar ini, tapi ini menjadi pesan yang jelas bahwa UMKM harus didukung," kata Jerry usai bincang-bincang.

Lanjutnya, Kementerian Perdagangan memiliki perwakilan perdagangan di 46 titik di seluruh dunia. Tugasnya ialah melakukan business matching dan mengatur produk dalam negeri dapat dijual ke luar.

"Tapi tentu hal ini perlu kita petakan terlebih dahulu, bagaimana produk diminati dan untuk mendapat akses," kata Jerry.

Terkait upaya pelatihan pelaku UMKM daerah, Jerry mengarahkan untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui instansi terkait agar dikirimkan ke pusat guna dilakukan pelatihan secara kontinyu. Pelatihan ini pun dikatakannya tidak dipungut biaya.

"Semoga ini bisa membantu UMKM yang ada di seluruh Indonesia untuk memastikan kontribusi neraca perdagangan supaya bisa lebih baik," katanya.

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa F
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023