Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Minggu (12/2), mulai dari Mahfud jalan sehat bawa serbet dukung pengesahan RUU PPRT, hingga 73 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia dan peluang investasi IKN.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Mahfud jalan sehat bawa serbet dukung pengesahan RUU PPRT

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD pada Minggu pagi melakukan jalan sehat membawa serbet di area car free day (CFD) Sudirman, Jakarta, untuk mendukung pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).

Dalam unggahan di akun Instagram resmi @mohmahfudmd, Mahfud mengaku kedatangannya dalam jalan sehat tersebut juga demi memenuhi undangan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Selengkapnya baca di sini.


Komnas HAM: UU PPRT naikkan kualitas pekerja rumah tangga

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menilai keberadaan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) justru dapat menaikkan kualitas pekerja rumah tangga

"Pekerja rumah tangga menjadi pekerja profesional yang selama ini diabaikan skill-nya karena tidak ada perlindungan dan perhatian," kata Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro lewat kanal YouTube resmi Komnas HAM RI di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.


Tenaga Ahli KSP: Filosofi UU Otsus Papua ada keberpihakan terhadap OAP

Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden Theofransus Litaay mengatakan filosofi pembentukan Undang-Undang Otonomi Khusus (UU Otsus) Papua memiliki keberpihakan, perlindungan, dan pemberdayaan terhadap orang asli Papua (OAP).

Hal tersebut disampaikan Theo—sapaan Theofransus Litaay—dalam acara diskusi bertema “Mengupas Landasan Filosofi Pembentukan Undang-Undang (UU) Otonomi Khusus (Otsus) dan Mekanisme Penganggaran” yang berlangsung secara daring, Sabtu (11/2), yang digelar Departemen Gugus Tugas Papua (GTP) Pengurus Pusat Pemuda Katolik, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.


Wali kota: kedatangan Presiden jadi motivasi bagi jajaran Pemkot Medan

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke ibu kota Provinsi Sumatera Utara menjadi motivasi bagi seluruh jajaran pemerintah kota setempat.

"Alhamdulillah, kami bersyukur dengan kedatangan pak Presiden di Kota Medan. Mudah-mudahan ini menjadi semangat kita bersama, termasuk masyarakat menjadikan Kota Medan lebih baik," ucap Bobby di Medan, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.


73 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia dan peluang investasi IKN

Indonesia dan Rusia belum lama ini memperingati 73 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang sudah dimulai sejak tahun 1950.

Perayaan hubungan diplomatik itu turut dilakukan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow, di Atrium Gostniny Dvor, dekat Lapangan Merah, Kremlin, Moskow, 2 Februari 2023, dengan mengundang pejabat dan perwakilan mitra RI di Rusia.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023