Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, meningkatkan pelayanan perpustakaan keliling (Perpusling), dalam rangka menumbuhkan budaya membaca sejak dini kepada anak-anak sekolah.

"Di mobil perpustakaan keliling ini, banyak sekali buku-buku yang bisa dibaca oleh anak-anak maupun orang tua," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kapuas Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas, Senin.

Menurut dia, perpustakaan keliling ini, tidak hanya menjangkau ke sejumlah sekolah yang ada di dalam Kota Kuala Kapuas, namun juga mereka bergerak menggunakan mobil Perpusling menyambangi sejumlah sekolah-sekolah yang ada di desa-desa di wilayah setempat, yang baru-baru ini menyambangi Desa Lunuk Ramba, Kecamatan Basarang.

Di salah satu sekolah Desa Lunuk Ramba, Kecamatan Basarang saat itu, kata dia, sejumlah siswa-siswi sangat antusias usai jam istirahat menyambangi mobil Perpusling untuk membaca beraneka ragam buku-buku bacaan yang ada.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak di desa setempat lebih baik lagi budaya membacanya, dan meningkatkan literasi. Dengan membaca mereka mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan," katanya.

Suwarno menambahkan, sebelumnya Disarpustaka Kapuas juga bekerja sama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Agama Islam (KKL-STAI) setempat, untuk menggelar lomba mewarna, bercerita dan menulis ringkasan isi buku di Desa Lunuk Ramba, Kecamatan Basarang.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan, antusias peserta sangat luar biasa dengan diikuti puluhan peserta didik dari taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah dasar (SD) di desa setempat.

"Kami bekerja sama dengan mahasiswa KKL STAI Kuala Kapuas, melaksanakan kegiatan ini (lomba), tujuannya untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar," kata Suwarno Muriyat.

Pewarta: Kasriadi/All Ikhwan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2023