Harapan kami, Kabupaten Sleman menjadi salah satu kabupaten terdepan
Sleman (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memberikan arahan implementasi reformasi birokrasi tematik kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), Senin.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa bersama Forkopimda Kabupaten Sleman menyambut langsung kunjungan Menpan RB ke Kabupaten Sleman.

Kustini mengatakan bahwa kehadiran Menpan RB dapat menjadi motivasi Pemkab Sleman dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Kehadiran Bapak Abdullah Azwar Anas merupakan sebuah kehormatan sekaligus bentuk perhatian bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan publik khususnya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Menurut dia, Pemkab Sleman berkomitmen untuk membangun kualitas budaya kinerja birokrasi melalui tiga indikator penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil.
  "Komitmen ini dapat dilihat dari hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi Pemkab Sleman yang berhasil memperoleh nilai AKIP sebesar 81,73 dengan predikat 'A' sehingga terhitung telah berhasil meraih nilai 'A' dalam SAKIP selama empat tahun berturut-turut," katanya.

Ia mengatakan, demikian pula dengan perolehan nilai RB 76,77 dengan predikat BB di tahun 2022. Dari hasil penilaian tersebut, maka Pemkab Sleman terhitung telah berhasil meraih nilai BB dalam Reformasi Birokrasi selama lima tahun berturut-turut.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam arahannya menyampaikan harapannya agar Kabupaten Sleman menjadi salah satu kabupaten terdepan dalam mengimplementasikan RB Tematik yakni reformasi birokrasi yang terukur.

"Harapan kami, Kabupaten Sleman menjadi salah satu kabupaten terdepan untuk mengimplementasikan RB Tematik yakni reformasi birokrasi yang terukur khususnya terkait dengan penanganan kemiskinan, penanganan stunting, kemudian peningkatan investasi, digitalisasi, belanja produk katalog dan penanganan inflasi," katanya.

Azwar Anas mengatakan bahwa ke depan target Kemenpan RB akan menganggap RB yang bagus tidak hanya dari administrasi namun yang terpenting adalah menciptakan dampak positif bagi masyarakat.

Ia juga mengharap Forkopimda Sleman dapat bersinergi dengan Pemkab Sleman sehingga dampak penanganan kemiskinan serta stunting dapat tertangani dengan baik.
"Sleman juga dapat menjadi role model apabila dapat berkoordinasi dengan baik dalam penanganan kemiskinan, penurunan prevalensi stunting terlebih angka stunting di Sleman jauh dari angka rata-rata nasional, dan dapat mendorong investasi. Demikian juga nilai SPBE nya sudah di atas tiga indeksnya dan dapat dijaga. Ke depan harapannya semakin baik," katanya.

Baca juga: Menpan RB: Kinerja birokrasi diukur dari dampak untuk kehidupan rakyat
Baca juga: Menpan RB: Bukan semua anggaran tersedot untuk rapat

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023