Pada tahun ini kami menargetkan Kota Palembang akan menjadi kota tujuan wisatawan baik nusantara maupun manca negara
Palembang (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang, Sumatera Selatan, meluncurkan Calender of Charming Event atau kalender kegiatan pariwisata kota setempat pada tahun 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin di Palembang, Senin, mengatakan, selama satu tahun penuh itu Palembang akan ada 107 kegiatan mulai dari wisata budaya, musik, festival hingga religi.

“Pada tahun ini kami menargetkan Kota Palembang akan menjadi kota tujuan wisatawan baik nusantara maupun manca negara,” kata Sulaiman.

Dari 107 kegiatan wisata itu, kata dia, ada 10 kegiatan yang menjadi unggulan yaitu Cap Go Meh, Ziara Kubro, FIFA World Cup U-20, Sriwijaya Expo, Palembang Heritage Run, Festival Sriwijaya, Bujang Gadis Palembang, Palembang Expo, Pekan Adat Sumsel dan Bidar Tradisional.

Baca juga: Palembang manfaatkan teknologi VR 360 kenalkan destinasi wisata

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan paket wisata keliling Sungai Musi bagi para wisatawan terlebih pada saat pergelaran 10 kegiatan tersebut.

“Agar para wisatawan tidak merasa bosan pada saat pergelaran itu, kami telah mempersiapkan 15 angkutan Sungai Musi yakni ketek (perahu) secara gratis bagi tamu wisata yang melakukan tour Sungai Musi,” katanya.

Salah satu tujuan dari peluncuran kalender tersebut, ia mengungkapkan sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Palembang pasca pandemi COVID-19.

"Bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Palembang ini juga berdampak baik bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD), sebab seperti pajak restoran, hiburan, hotel dan sebagainya itu pasti meningkat karena banyaknya wisatawan yang berkunjung" ucapnya.

Dispar Palembang pada tahun 2023 menaikkan target wisatawan yang berkunjung di kota ini menjadi 2,5 juta dari sebelumnya yakni sebanyak 1,5 juta wisatawan.

Bahkan diketahui, pada 28 Januari 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia telah meluncurkan 110 Karisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2023 yang telah dikurasi dari seluruh Provinsi di Indonesia dan Provinsi Sumatera Selatan menyumbang dua kegiatan yang salah satunya adalah Festival Sriwijaya yang akan diselenggarakan di kota Palembang.

Baca juga: Pemkot Palembang gelar Festival Sungai Sekanak Lambidaro

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023