Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan pelatihan dalam rangka mengawal program ekonomi biru, yakni salah satunya dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam penanganan dan pengolahan ikan.

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Puslatluh KP) BRSDM Lilly Aprilya Pregiwati dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, mengatakan, pada 7 Februari 2023 pihaknya menggelar dua pelatihan sekaligus, yaitu pelatihan pembuatan fish roll dan pelatihan penanganan hasil tangkapan secara daring.

"Total terdapat 1.293 peserta yang mengikuti kedua pelatihan tersebut, terdiri dari 546 orang pada Pelatihan Penanganan Hasil Tangkapan dan 747 orang pada pelatihan pembuatan fish roll," ujar Lilly.

Pelatihan tersebut juga menyasar khusus masyarakat perikanan yang berasal dari Desa Sei Pancang, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara dan Desa Kema III, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Salah seorang peserta pun menyambut pelatihan yang digelar, salah satunya ialah Novita, peserta dari Desa Kema III, Kabupaten Minahasa Utara, dan Fathan, peserta dari Kabupaten Nunukan.

"Saya mewakili kelompok Novita mengucapkan terima kasih banyak kepada Puslatluh KP dan BPPP Bitung yang sudah mengadakan Pelatihan Pembuatan Fish Roll sehingga dapat menambah keterampilan kami semua. Saya berharap pelatihan seperti ini dapat diadakan kembali di waktu yang akan datang,” jelas Novita.

Sebelumnya, pada 19 Januari 2023, sebagai upaya percepatan dalam mendukung program strategis KKP, BRSDM juga menggelar kegiatan ‘Pelatihan Standar Mitigasi Hadapi Bencana Pesisir’ yang difasilitasi oleh BPPP Tegal, acara ini pun digelar secara daring dengan diikuti 600 peserta dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mendorong kegiatan pelatihan dan berpesan agar terus terus dikembangkan sehingga menghasilkan SDM yang terampil.

Baca juga: KKP sebut pelatihan pengolahan hasil perikanan bakal lesatkan konsumsi
Baca juga: KKP gelar pelatihan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional
Baca juga: KKP gelar pelatihan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional


 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023