DPR RI akan melakukan pendampingan kepada konsumen yang sudah membeli agar haknya dapat terpenuhi.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memimpin rombongan belasan anggota DPR mengunjungi proyek permukiman Meikarta di Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

"Kami dari DPR lintas komisi mengunjungi Meikarta karena ada keluhan dari konsumen ke beberapa komisi. Hari ini kami sudah melakukan kunjungan untuk mengecek fakta lapangan," kata Dasco.

Meikarta merupakan proyek kota terencana yang dibangun Lippo Grup dan PT Mahkota Sentosa Utama (MSU). Dalam pembangungannya, proyek itu mangkrak dan diduga telah merugikan ratusan konsumen.

Dasco menjelaskan bahwa DPR sudah menggelar dialog agar keluhan konsumen diakomodasi. Terkait dengan gugatan pengadilan sudah dicabut oleh manajemen.

"Kami nanti akan minta kepada Komisi III (Bidang Hukum) DPR RI untuk memantau, sampai sejauh mana penetapan pencabutan oleh pengadilan," katanya menegaskan.

Selain itu, dia menyebutkan 130-an konsumen yang kemudian merasa ingin meminta uang yang sudah disetor kembali akibat unit yang dipesan belum selesai.

"Saya minta sampai kira-kira berapa lama. Manajemen menyatakan kalau melihat arus dari suplai dan demand paling lama 4 minggu atau 1 bulan," jelasnya.

Lebih lanjut, untuk mengawal, DPR RI dalam hal komisi terkait akan ikut memantau proses kelancaran pembangunan serta proses kelancaran serah terima unit-unit yang telah selesai.

"Kami akan melakukan pendampingan kepada konsumen yang sudah membeli agar haknya dapat terpenuhi," katanya menegaskan.

Para anggota DPR hadir dalam kunjungan itu, yakni Wakil Ketua Komisi V Andi Iwan D. Aras, Wakil Ketua Komisi VI Muhammad Hekal, Wakil Ketua Komisi XI Amir Uskara, anggota Komisi III, yakni M. Nurdin, Wihadi, Arsul Sani, Eva Yuliana, dan Heru Widodo.

Anggota Komisi VI, antara lain, Novita Wijayanti, Novita Wijayanti, Darmadi Durianto, Andre Rosiade, Hendrik Lawerissa, Daeng Muhammad, Ahmad Baidowi. Selanjutnya anggota Komisi XI, yakni Heri Gunawan, Jefry Ramdonny, dan Bahtra.

Baca juga: Wakil Ketua DPR terima audiensi Komunitas Peduli Konsumen Meikarta
Baca juga: DPR RI akan tindak lanjuti kasus Meikarta secara komprehensif

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023