Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi NTB menegaskan komitmennya dalam mengawal isu-isu lingkungan di wilayahnya mengingat persoalan lingkungan bukan hanya terkait lokal tetapi sudah menjadi isu global.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Hj. Sitti Rohmi Djalilah usai berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Inggris dan diterima Wakil Duta Besar Indonesia Khasan Ashari bersama Atase Pendidikan Prof. Khaerul Munadi, Selasa (14/2) dan dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Rabu.

"Di mana isu perubahan iklim, pengelolaan sampah dan energi baru terbarukan telah menjadi isu global. Untuk itu Pemerintah Provinsi NTB berkomitmen untuk berkontribusi melalui NTB Net Zero Emision melalui tiga program yakni NTB Zero Waste, NTB Hijau dan Transisi Energi," ujar Wagub NTB.

Menurutnya, komitmen ini lah yang kemudian membuat Notthingham University, Inggris tertarik bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

Wakil Dubes RI London, Khasan Ashari memberikan apresiasi kepada Pemprov NTB, karena kerjasama kongkret yang dilakukan oleh sedikit pemda di Indonesia dengan Inggris. Pihak KBRI akan membantu terbuka kerjasama yang lainnya dengan Pemda NTB.

Kunjungan ini juga akan dilakukan penandatangan Letter of Intent (LoI) antara Pemprov NTB dengan Notthingham. Di mana telah disepakati kerjasama dalam payung 3NCASE (NTB Notth Net Zero Carbon Strategic Alliance).

Sementara Atase Pendidikan KBRI London Prof. Khaerul Munadi, menyampaikan bahwa ini merupakan kerjasama yang sangat positif. Kerjasama dengan Perguruan Tinggi, di mana Notthingham University juga banyak terlibat dengan isu Net Zero.

"Mungkin bisa diperluas dengan Notthingham goverment dan Notthigham council (local govermant) atau Notthingham city, sehingga terbentuk kerjasama sister city antara Mataram dengan Notthingham," kata Khaerul Munadi.

Kehadiran rombongan Wakil Gubernur NTB ini atas undangan dari Notthingham University dengan seluruh pembiayaan dari pihak Notthingham University.

Selain itu dalam kunjungan Wakil Gubernur NTB juga akan berdiskusi dengan pihak NGO Internasional yakni Islamic Relief UK di kantor pusatnya di Bermingham yang direncanakan hari Jumat (17/2).

Pihak Islamic Relief saat ini telah bekerja di Kabupaten Lombok Utara, Sembalun di Kabupaten Lombok Timur dengan NGO KONSEPSI dan juga bekerja di Bima dan Dompu untuk isu kehutanan.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023