Kami bersyukur kesempatan istimewa ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan penyelenggaraan ATF TRAVEX 2023 membawa berbagai dampak positif bagi kita semua
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan salah satu rangkaian kegiatan ASEAN Travel Forum 2023 (ATF), yakni Travex yang digelar di Yogyakarta, mencatat potensi transaksi keseluruhan senilai 60 juta dolar AS dari 134.609 paket transaksi.

"Travex yang digelar pada 3-5 Februari 2023 dengan format pertemuan B2B (Business to business) antara pihak buyer dan seller/exhibitor di Hall B & C Jogja Expo Center ini dihadiri oleh 115 buyer dari 29 negara dan 348 seller/exhibitor dari negara ASEAN. Mencakup Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam," ujar Sandi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Ajang ATF 2023 diharapkan jadi momentum kebangkitan pariwisata ASEAN

Sementara itu, lanjut dia, potensial transaksi untuk paket Indonesia meraih nilai hingga 15,8 juta dolar AS dari 83.686 paket transaksi. Lalu, dari penyelenggaraan Pameran Pariwisata Indonesia, Festival Kuliner dan Pameran Industri Ekonomi Kreatif atau ajang Business to Consumer (B2C) diikuti oleh 205 peserta, tercatat ada lebih dari 6.000 pengunjung serta mampu meraih transaksi sebesar Rp8,12 miliar.

Kemudian, Menparekraf turut mencatat dampak penyelenggaraan ASEAN Travel Forum (ATF) 2023 pada perekonomian lokal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berupa dampak langsung senilai Rp55,5 miliar.
 
Adapun total dari dampak langsung, tidak langsung dan induksinya mencapai Rp5,6 triliun dengan persentase dampak pada produk domestik regional bruto (PDRB) DIY mencapai 3,76 persen (mengacu pada angka PDRB DIY 2021).

Ketua Pelaksana ASEAN Tourism Forum 2023 dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, menyampaikan TRAVEX di ATF 2023 menjadi kesempatan emas dan strategis yang telah dimanfaatkan bersama oleh berbagai pihak dengan baik untuk mempromosikan destinasi wisata Yogyakarta dan berbagai destinasi lainnya
 
"Kami bersyukur kesempatan istimewa ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan penyelenggaraan ATF TRAVEX 2023 membawa berbagai dampak positif bagi kita semua," kata GKR Bendara.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023