Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyempatkan diri menanam bibit pohon kapur barus di halaman Masjid Raya Barus, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Rabu, seusai menghadiri acara "Barus Bersholawat untuk Indonesia".

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, penanaman bibit pohon dilakukan 850 meter dari Lapangan Merdeka Barus, tempat acara "Barus Bersholawat untuk Indonesia" diselenggarakan.

Pohon Kapur Barus atau dikenal juga dengan sebutan kamper adalah tumbuhan khas Indonesia yang biasanya tumbuh di beberapa daerah, seperti Aceh, Kalimantan, dan Sumatra Utara.

Sebagai informasi, sekitar abad ke-2 Masehi, kapur barus sudah menjadi obyek perdagangan penting dunia.

Besarnya peminat pedagang asing pada kapur barus di masa lalu terbukti dari keberadaan Prasasti Tamil yang ditemukan di Desa Lobu Tua, Kecamatan Andam Dewi, Tapanuli Tengah Sumatra Utara, tahun 1873.

Mulai abad ke-4 sampai ke-10 Masehi, daerah Barus, Sumatra Utara menjadi pusat perdagangan komoditas kamper dunia, dari China sampai kawasan Laut Tengah meliputi Indochina, Asia Tenggara, India, Persia, Timur Tengah, bahkan Afrika.

Kapur barus dalam catatan sejarah disebutkan menjadi barang bernilai sangat tinggi, sehingga mampu menarik perhatian banyak orang di wilayah Eropa dan Timur Tengah untuk berdatangan ke daerah Barus di Tanah Sumatra.


 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023