Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kabupaten Purworejo dalam rangka hari jadi yang ke-192. Karena ini tentunya membantu pemulihan bagi pelaku UMKM dan pada akhirnya dapat menggairahkan ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) mengapresiasi ajang Purworejo Expo 2023 karena menjadi salah satu media strategis untuk mengangkat potensi lokal dan produk-produk unggulan UMKM di Purworejo, Jawa Tengah.

Deputi Bidang Kewirausahaan KemenkopUKM Siti Azizah yang mewakili Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap melalui acara Purworejo Expo 2023 tersebut produk UMKM setempat bisa semakin dikenal masyarakat lebih luas. Dengan begitu pangsa pasar mereka juga semakin besar.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kabupaten Purworejo dalam rangka hari jadi yang ke-192. Karena ini tentunya membantu pemulihan bagi pelaku UMKM dan pada akhirnya dapat menggairahkan ekonomi," kata Siti Azizah dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan, pelaksanaan pameran produk UMKM di berbagai daerah kini mulai dibangkitkan kembali setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19. Berbagai agenda seperti Purworejo Expo 2023 juga diharapkan akan menjadi momentum pemulihan bagi perekonomian khususnya sektor UMKM.

"Expo ini sekaligus bisa dimanfaatkan untuk menjalin kemitraan baik antara pelaku UMKM dengan pengunjung atau antar pelaku UMKM," katanya.

Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti menyatakan melalui event Purworejo Expo 2023 diharapkan terjadi pemulihan dunia usaha dan sektor riil bisa bangkit dan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut.

"Selain itu ajang ini diharapkan dapat meningkatkan promosi dan pemasaran UMKM serta mendukung pemulihan ekonomi daerah yang terdampak pandemi COVID-19, sekaligus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Berwisata Di Indonesia Aja," ujar dia.

Yuli menambahkan potensi UMKM di Purworejo sangat besar dengan dengan omzet mencapai Rp1,2 triliun. Adapun jumlah UMKM tercatat 54.862 unit usaha dengan aset Rp153 miliar. Untuk koperasi jumlahnya 284 koperasi dan yang aktif berjumlah 139 koperasi.

Purworejo Expo 2023 dilaksanakan selama lima hari mulai 15-19 Februari 2023 di Kawasan alun-alun Purworejo dan diikuti oleh 160 stan dari pameran nasional, produk UMKM dan start up, pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, pelaku industri dan perdagangan, pelaku usaha pertanian, pelaku bisnis dan investasi, serta para insan pelayanan publik.

Baca juga: Kemenkop UKM targetkan 24 juta UMKM masuk ekosistem digital pada 2023
Baca juga: KemenKopUKM targetkan 10 juta UMKM punya NIB di 2023
Baca juga: Survei FEB UI: 61 persen pemilik UKM berumur lebih dari 40 tahun

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023