Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mulai menyalurkan bantuan logistik serta keperluan domestik hingga membantu pembuatan sarana infrastruktur jembatan jembatan darurat untuk warga di Tanah Reog yang terdampak banjir bandang.

"Sebagaimana arahan Ibu Gubernur, kami akan berusaha melakukan upaya yang bisa dilakukan untuk membantu masyarakat terdampak bencana di lokasi kejadian," terang Kepala Pelaksana BPBD Jatim Gatot Soebroto dalam siaran persnya diterima awak media, Kamis.

Tim reaksi cepat bersama BPBD Ponorogo bahkan sudah diterjunkan untuk melakukan assesment di lapangan, terutama daerah-daerah terdampak.

Hasilnya, selain memastikan kebutuhan dapur umum, TRC juga merekomendasikan pemasangan atau pembuatan jembatan darurat di atas jembatan antardesa dj Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon yang putus akibat tergerus banjir Sungai Paju.

Baca juga: Debit air naik, banjir bandang rendam sejumlah wilayah di Ponorogo

Baca juga: Ratusan warga di Ponorogo masih terjebak banjir


Selain menyerahkan bantuan logistik dan keperluan domestik, Tim BPBD Jatim juga membantu gotong-royong warga Desa Sidoharjo dan TNI membuat jembatan darurat menggantikan jembatan yang terputus.

Sementara, banjir yang terjadi pada Rabu (15/2) juga sempat membuat ruas jalan nasional penghubung Ponorogo dan Wonogiri sepanjang 500 meter terendam air dengan ketinggian sekitar 30 centimeter.

Fasilitas pendidikan, yakni, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Ponorogo juga terdampak banjir dengan ketinggian sekitar 30-40 cm.

Hingga saat ini, belum ada pos pengungsian. Sebab empat warga yang mengungsi memilih tinggal di rumah saudaranya.

Pada Rabu (15/2), Tim Dapur Umum dari Dinsos setempat juga telah mendistribusikan nasi bungkus sebanyak tiga kali, dengan rincian, pagi 350 bungkus, siang 480 bungkus dan malam juga 480 bungkus.

Berdasar assesment, lanjut Subroto, banjir yang melanda Ponorogo juga disebabkan intensitas hujan tinggi di dua kecamatan di Kabupaten Wonogiri, Jateng, yakni Kecamatan Purwantoro dan Bulukerto, yang berbatasan langsung dengan Ponorogo.

Kondisi ini menjadikan Ponorogo terkena dampak banjir kiriman.

Baca juga: Angin kencang akibatkan rumah roboh di Ponorogo

Baca juga: Jalur Ponorogo-Pacitan putus lagi

 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023