Tanjungpinang (ANTARA) - Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkumham RI) menggencarkan semangat "gerbang transisi" guna membangkitkan kesadaran inspirasi dan motivasi pada Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau (Kepri).

"Kegiatan gerbang transisi di Kepri menjadi yang kelima digelar di Indonesia," kata Inspektur Jenderal Kemenkumham Razilu saat menghadiri acara penguatan gerbang transisi di Batam, Kamis.

Razilu yang didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri Saffar Muhammad Godam menjelaskan gerbang transisi adalah salah satu program unggulan yang telah diluncurkan oleh Menteri Hukum dan HAM RI.

"Program ini menunjukkan bagaimana Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI selalu berpikir apa yang akan dikerjakan ke depan dengan manfaat yang coba diciptakan semaksimal mungkin," ujarnya.

Menurut dia,  salah satu tujuan dari gerbang transisi, yakni membangkitkan kesadaran peran strategis Kemenkumham, agar setiap ASN laksana pisau bermata dua, yaitu memberikan motivasi untuk berkontribusi secara kreatif, dan motivasi tentang pentingnya menjadi pribadi yang utuh.

"Insan kamil dan insan pengayoman sejati memberikan beragam inspirasi untuk menjadi insan yang inovatif dan kreatif dalam jangka panjang untuk menekan dan/atau mengurangi penyimpangan/pelanggaran," ujarnya.

Razilu menyampaikan bahwa Kemenkumham bak sebuah kapal besar yang bergerak setiap tahun dan akan mengulangi lagi setiap tahunnya mulai Januari hingga akhir Desember.

"Kapal ini membawa visi misi mulia, dan beban yang dibawa sangat berat dengan ABK (anak buah kapal) yang menjalankan tugas dan fungsi masing masing, Melalui gerbang transisi ini, Itjen Kemenkumham siap membawa ABK mengoptimalkan berbagai potensi yang ada dalam diri," ujarnya.
 

Pewarta: Ogen
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023