Bandung (ANTARA) -
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengunjungi tokoh sesepuh Jawa Barat Letjen TNI (Purn.) Solihin Gautama Purwanegara (Solihin GP) ke kediamannya di kawasan Coblong, Kota Bandung, Jumat, usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kantor Staf Presiden (KSP).
 
Moeldoko menyebut mantan Gubernur Jawa Barat itu merupakan sosok yang memperjuangkan rakyat. Di usia yang menginjak ke 96 tahun, menurutnya, Solihin GP tetap terlihat sehat meski duduk di kursi roda.
 
"Beliau adalah sosok panutan yang sangat konsisten dalam memperjuangkan rakyat dan tidak berubah sampai di usianya saat ini," kata Moeldoko di kediaman Solihin GP.
 
Sebelumnya Moeldoko menggelar Rapat Koordinasi KSP di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, 15-17 Februari 2023. Dia menyempatkan untuk mengunjungi Solihin GP karena sosok tersebut memiliki karir yang mirip dengannya.

Baca juga: Moeldoko sebut vonis mati Ferdy Sambo penuhi harapan masyarakat
Baca juga: Moeldoko ikuti penyuntikan Vitamin C untuk masyarakat di Lembang
 
Pada tahun 1977-1992, menurutnya, Solihin GP sempat menjabat sebagai Sekretaris Pengendalian Operasional Pembangunan (Sesdalobang), setelah berkarir di TNI. Adapun Sesdalobang itu, menurut Moeldoko, merupakan jabatan Kepala Staf Presiden di masa kini.
 
"Sesdalobang itu kalau sekarang ya KSP. Jadi hari ini adalah pertemuan dua Kepala Staf Kepresidenan yang sama-sama berkantor di Bina Graha," kata Moeldoko.
 
Sementara itu, putra ketiga Solihin GP, yakni Lutfi Solihin mengaku karir Moeldoko dan ayahnya memiliki banyak kesamaan.
 
Salah satunya, kata dia, dulu Solihin GP sempat memimpin Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Kemudian Lutfi mengatakan kini Moeldoko menjadi pemimpin di organisasi tersebut.
 
"Kesamaan ini tentu akan memunculkan pemikiran dan aksi untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan ke depan," kata Lutfi.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023