Satgas Ekspor akan mengurusi masalah akses pembiayaan, pelatihan, akses ke pasar, dan lain-lain...
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan Presiden Jokowi telah mengarahkan untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ekspor yang akan mendorong ekspor, terutama produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Satgas Ekspor akan mengurusi masalah akses pembiayaan, pelatihan, akses ke pasar, dan lain-lain. Sebenarnya juga program-program untuk UMKM di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian sudah cukup lengkap, semisal KUR,” katanya dalam pertemuan dengan DPP Aliansi Produk Nusantara Indonesia UMKM sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Jumat.

Tugas Satgas Ekspor juga akan berkaitan dengan peningkatan kapasitas UMKM ekspor.

“Menko Perekonomian yang akan mengoordinasikan semua menteri terkait dalam pembentukan Satgas Ekspor. Selain pelatihan umum, karena kami mengoordinasikan Kartu Prakerja juga, mudah-mudahan dengan terbentuknya Satgas Ekspor akan lebih fokus mengurusnya,” tuturnya.

Baca juga: Dorong Kemajuan Ekspor Nasional, Bea Cukai Kembali Gelar Asistensi ke UMKM

Pemanfaatan peran Pusat Logistik Berikat (PLB) akan dimaksimalkan agar dapat membantu pelaku UMKM mendapatkan bahan baku impor, pemberian cicilan pembelian barang modal/mesin, dan akses pemasaran lokal dan global.

Dalam hal ini, Kementerian Keuangan telah memberikan pemberian insentif fiskal bagi PLB IKM melalui penangguhan PPN & PPNBM.

Beberapa kementerian di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga menjalankan program untuk membantu UMKM melakukan ekspor.

Baca juga: BI: Pembiayaan MCF dukung pencapaian target penyaluran kredit UMKM

Selain Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan juga telah menargetkan penciptaan eksportir-eksportir UMKM baru melalui fasilitasi informasi pasar ekspor, peningkatan daya saing produk, kerja sama, promosi dan citra, serta peningkatan SDM.

“Kementerian Koperasi dan UKM juga sudah mendorong UMKM Ekspor dan Digital melalui fasilitasi pelatihan manajerial SDM UMKM, pendampingan oleh Pusat Layanan Usaha Terpadu, penguatan kelembagaan koperasi, dan fasilitasi akses pemasaran ekspor,” katanya.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023