Cianjur (ANTARA) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) I Jawa Barat, membawa hewan langka jenis Lutung yang diamankan dari tangan warga oleh petugas Markas Pemadam Kebakaran Cipanas, Cianjur, dalam kondisi lemas dan penuh luka guna mendapatkan perawatan.

Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Jabar, Lana Sari saat dihubungi Sabtu, mengatakan Lutung tersebut sudah dibawa petugas dan langsung dilakukan perawatan di balai konservasi, sebelum dilepasliarkan di habitat-nya.

"Kami langsung mengirim petugas untuk mengevakuasi Lutung yang masuk dalam hewan yang dilindungi ke balai konservasi, kita akan memastikan kondisinya, nanti setelah pulih akan dilepas liar-kan," katanya.

Sedangkan terkait luka yang terdapat di bagian wajah dan kaki Lutung, pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebabnya, namun pihaknya saat ini fokus untuk memulihkan kembali kondisi hewan langka yang sudah sulit di temui meski di habitat-nya di hutan besar di Jabar.

Baca juga: BBKSDA Jabar amankan kancil dari warga di Bojongpicung-Cianjur

Baca juga: BBKSDA: Monyet yang berkeliaran di Kota Bandung bukan dari hutan


"Kami mengimbau warga yang menemukan hewan langka agar menghubungi petugas BKSDA Jabar, jangan sampai memeliharanya karena dapat dijerat hukum," katanya.

Petugas Markas Damkar Cipanas Luki Nurdiansyah, mengatakan sebelumnya petugas mendapat laporan dari warga dan aparat desa terkait hewan langka jenis Lutung yang ditemukan warga di kawasan perbukitan yang dikenal dengan Gunung Kasur.

"Pertama kali ditemukan warga dan diserahkan ke aparat desa karena mereka tahu Lutung merupakan hewan langka dan dilindungi, selanjutnya kami datang ke kantor desa dan membawanya ke Mako Damkar Cipanas," katanya.

 Luki mengatakan membawa lutung yang tidak bisa berdiri dan hanya berbaring ke dokter hewan untuk memastikan kondisi kesehatannya, karena luka di bagian kepala dan kakinya diduga menjadi penyebab hewan langka itu terkulai lemas, sambil menunggu petugas dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam.

Baca juga: BBKSDA Sumut terima satu orangutan Sumatera dari Jabar

Baca juga: BBKSDA Jabar pastikan satwa di Cikembulan terpantau aman


 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023