Moskow (ANTARA) - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menyebut negara-negara Barat telah secara cermat menyiapkan provokasi di Ukraina.

"Para non mitra sedang mempersiapkan secara menyeluruh, melakukan provokasi secara terperinci, mengipasi api konflik," kata Zakharova pada Sabtu (18/2), terkait komentar Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada Konferensi Keamanan Munich. 

Pada konferensi tersebut, von der Leyen mengatakan Barat sebenarnya sudah mempersiapkan sanksi terhadap Rusia beberapa bulan sebelum Moskow memulai "operasi militer khusus" di Ukraina.

Zakharova mengatakan Uni Eropa memiliki rencana untuk menjatuhkan sanksi berdasarkan saran Amerika Serikat pada akhir 2021 karena memfasilitasi pengerahan pasukan di wilayah Ukraina.

Sebelumnya, Zakharova dan otoritas Rusia mengulangi pernyataan bahwa Ukraina telah dijadikan alat oleh negara-negara Barat dan bahwa Rusia sengaja didorong untuk terlibat konflik dengan negara tetangganya itu. 

Rusia mengeklaim bahwa pihaknya didorong berkonflik dengan Ukraina agar AS dan sekutu-sekutunya di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) punya pembenaran untuk menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Moskow dan menggunakan metode-metode lainnya untuk menekan Rusia. 


Sumber: Anadolu

Baca juga: Uni Eropa kembali sanksi Rusia, wartawan sampai pejabat terkena

Baca juga: Presiden Ukraina: Kekalahan Rusia bergantung pada sanksi yang efektif


 

Biden umumkan pengiriman 31 tank M1 Abrams ke Ukraina

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023